Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rekomendasi Buku yang Asyik Dibaca Setiap Saat

 

Rekomendasi Buku yang Asyik Dibaca

Buku adalah jendela dunia. Banyak ilmu yang bisa didapat dari membaca buku. Bingung ingin membaca buku apa? Berikut ini ada 5 Rekomendasi Buku yang Asyik Dibaca Setiap Saat.

Saat mempunyai waktu luang tak ada salahnya kita meluangkan waktu sesaat untuk membaca buku. Saat ini pun untuk membaca buku juga sangat mudah, karena banyak buku sudah tersedia dalam bentuk digitalnya. Sehingga, kita tidak perlu membawa buku kemana-mana. Cukup melalui ponsel, kita bisa membaca buku.

Banyak genre buku yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan kita. Baik fiksi maupun non fiksi sama menariknya bagi saya. Ada baiknya kita bisa membaca keduanya sebagai penyeimbang.


5 Rekomendasi Buku yang Asyik Dibaca Setiap Saat

1. La Tahzan, Jangan Bersedih

Saya sudah dua kali membaca buku ini. Pertama sekitar tahun 2011. Buku La Tahzan, Jangan Bersedih karya Dr. Aidh Al-Qarni.

Buku ini merupakan salah satu buku motivasi terlaris. Terdiri dari 568 halaman. Meskipun tebal, tetapi kita tidak akan pernah bosan untuk membaca buku ini.

Untuk kamu yang sedang bersedih karena sedang menghadapi masalah. Buku ini sangat recommended untuk dibaca. Dulu saya merasa bahwa Allah tidak sayang saya, karena apa yang harapankan belum terwujud. Tetapi, setelah membaca buku ini, baru sadar ternyata masalah yang saya hadapi tidak ada apa-apanya dibanding dengan masalah orang lain.

"Ketika musibah dan bencana datang silih berganti menimpa Anda, berzikirlah kepada-Nya, sebutlah nama-Nya, mohonlah pertolongan-Nya, dan mintalah jalan keluar dari-Nya. (halaman 22)

Saat kita mengeluh hanya bisa makan nasi dengan lauk kerupuk. Pertanda kita tidak bersyukur dengan apa yang sudah didapat. Karena diluar sana masih banyak orang yang belum makan sama sekali seharian. 

Buku ini mengajarkan pada kita untuk tidak terbelenggu dengan bayang-bayang masa lalu yang sudah terjadi dan masa depan yang belum pasti. Jalani hidup saat ini saja.

"Hiduplah dalam batasan hari ini saja. Jangan mengingat-ingat masa lalu, dan jangan pula was-was dengan masa yang akan datang."(halaman 82)

2. Cantik itu Luka

Setiap wanita ingin cantik. Namun, ternyata kecantikan wanita yang dipuja-puja oleh lelaki dan wanita bisa juga menjadi malapetaka bagi bagi wanita tersebut.

Cantik itu luka merupakan buku karya Eka Kurniawan yang pertama saya baca. Kesan pertama saat membaca buku ini, bertanya-tanya kenapa mengunakan kosakata yang kasar, frontal dan fulgar. Meskipun begitu, buku ini asyik untuk dibaca.

Buku ini bercerita tentang Dewi Ayu perempuan yang lahir sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Dia merupakan wanita yang memiliki kecantikan sempurna dari luar. Karena terlahir sebagai Noni  Belanda.

Namun, nasib baik itu tidak selamanya dialami oleh Dewi Ayu. Ketika bangsa Belanda dipaksa harus meninggalkan Indonesia. Dan, berganti Jepang yang menjajah Indonesia, penderitaan Ayu pun dimulai. Dia terpaksa menjadi Jugun Lanfu atau pelacur untuk melayani tentara jepang.

Setelah penjajahan Jepang berakhir, nasib Dewi Ayu berubah menjadi baik. Dengan memanfaatkan kecantikkannya, tidak ada seorang lelaki pun yang mampu menolak permintaannya. Hingga Dewi Ayu memiliki tiga anak perempuan yang semuanya cantik seperti ibunya. Sementara anak keempat memiliki wajah dan tubuh yang jelek. Tetapi, oleh ibunya diberi nama Cantik.

"Sekalian saja kau salahkan Hawa yang merayu Adam memakan buah aoel itu dan membuat kita harus hidup di bumi yang terlaknat ini."


Buku ini cukup recommended untuk dibaca karena merupakan salah satu buku terlaris. Dan sudah dicetak ulang berulang kali dalam berbagai bahasa.


3. Negeri Para Pedebah

Pengemar Tere Liye pasti tahu buku ini. Tere Liye merupakan salah satu penulis yang aktif mengedukasi tentang masalah akhlak, politik, korupsi, bajakan dan masalah sosial lainnya. Buku-buku penulis ini selalu best seller dan dicetak berulang kali. Salah satu buku karyanya adalah Negeri Para Bedebah.

Buku ini bercerita tentang Thomas seorang konsultan keuangan profesional. Lulusan universitas luar negeri. Tetapi, tidak ada yang mengetahui latar belakang masa lalu kehidupannya. Karena dia dibesarkan di panti asuhan.

Pada saat yang sama Bank Semesta akan diakuisisi oleh pemerintah. Pemilik bank ini yaitu Mr. Liem menghubungi Thomas, bukan karena dia konsultan keuangan, tetapi karena Mr. Liem adalah pamannya.

Dari novel ini saya mengetahui betapa rumitnya politik di negara ini. Meskipun ini fiksi, tetapi bisa juga apa yang diceritakan dalam buku ini merupakan gambaran sebenarnya politik di negara kita. Di mana uang bisa mengatur banyak hal.

4. Aroma Karsa

Buku Aroma Karsa merupakan buku karya Dee Lestari. Yang saya suka dari penulis ini adalah riset bukunya itu benar-benar matang. Dalam buku ini Dee mampu menceritakan bagaimana perpaduan berbagai bau bisa menjadi sebuah Parfums.

Buku ini bercerita tentang ambisi seorang perempuan bernama Raras Prayagung untuk menemukan Puspa Karsa yaitu sebuah bunga yang mampu membuat orang yang menemukannya bisa menaklukan dunia.

Berbekal longer kuno, Raras mengumpulkan orang-orang yang mau bekerja sama dengannya. Kemudian bertemulah dia dengan Jati Wesi, seorang pemuda yang tinggal di Tempat pembuangan Akhir Bantar Gebang. Jati dijuluki si hidung Titus karena mampu mengenai berbagai jenis bau. Kemampuan Jati yang dibanggakan adalah bisa meracik Parfums sama persis dengan aslinya.

Di tempat Raras, Jati bertemu dengan Tanaya Sukma putri tunggal Raras. Perlahan mulai terkuak siapa sesungguhnya Jati Wesi.


5. Negeri 5 Menara

Negeri 5 Menara merupakan salah satu buku Trilogi karya Ahmad Fuadi. Buku ini termasuk buku motivasi. Sebagian kisah dalam buku ini merupakan pengalaman dari penulis saat mondok di Gontor, Ponorogo, Jawa Timur.

Buku ini berkisah tentang tentang Alif, seorang pemuda dari Sumatera Barat yang mondok di pondok pesantren Gontor. Bukan karena kemauannya sendiri tetapi menuruti permintaan kedua orang tuannya.

Di ponder Alif bertemu dengan lima orang teman baru yang akrab karena semenjak datang di ponder mereka mendapat hukuman bersama. Keenam sahabat tersebut sering menghabiskan waktu bersama di bawah menara masjid di ponder. Mereka mengukir mimpi-mimpi di bawah menara sambil menatap langit.


Di atas tadi 5 rekomendasi buku yang asyik dibaca setiap saat. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mencari referensi buku yang ingin dibaca


4 komentar untuk "5 Rekomendasi Buku yang Asyik Dibaca Setiap Saat"

  1. Pengen baca yang aroma karsa. Udah lama direkomendasikan temen suruh baca Aroma Karsa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren mbak ini, saya suka buku-bukunya Dee Lestari. Ini tentang bunga Puspa Karsa yang ada di gunung Lawu.

      Hapus
  2. Aku cuma pernah baca yg Negeri 5 Menara dan gak nyesel sih baca itu soalnya lumayan membakar semangat biar bisa menimba ilmu lebih giat lagi.. Tapi yg Cantik Itu Luka belum pernah baca dan masih maju mundur untuk beli, setelah masuk ke list ini nanti mau beli deh 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, Negeri 5 Menara memang buku motivasi yang sebagian diambil dari kisah nyata. Cantik itu Luka juga bagus kok. Tidak harus membeli bukunya kok Kak. Bisa pinjam di perpusnas.

      Hapus