Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Sederhana supaya Hidup Bahagia

5 Tips Hidup Bahagia

"Bahagia itu diciptakan bukan Dicari"

Setuju tidak sih teman-teman dengan "Bahagia itu diciptakan bukan dicari. Ya, karena versi bahagia setiap orang itu berbeda-beda. 

Hidup bahagia bersama keluarga tercinta tentu menjadi impian setiap orang. Namun, ada kalanya keinginan itu sulit tercapai karena dalam kehidupan ada saja masalah yang datang menghampiri.

Ada orang sudah bisa bahagia saat bisa makan lesehan dipinggir jalan. Sementara orang lain hanya bisa bahagia kalau sudah bisa traveling ke luar negeri. Yah, karena tingkat kebahagian setiap orang itu berbeda-beda. 

Supaya dapat hidup bahagia, tentunya harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Jangan sampai kita berharap terlalu tinggi, diluar kemampuan kita. Untuk itu, kita perlu mengetahui tips bahagia versi kita tersebut.

5 Tips Sederhana supaya Hidup Bahagia

1. Bersyukur dengan semua yang dimiliki

Langkah pertama untuk bisa bahagia adalah mensyukuri semua yang sudah dimiliki. Tanpa rasa syukur, maka hati akan sakit ketika melihat orang lain memiliki yang lebih dari apa yang kita miliki. Rasa syukur itu bisa dimulai dari hal-hal sederhana saja. Misalnya, bersyukur saat pagi bisa sarapan dengan nasi pecel sementara di luar sana masih banyak yang menahan lapar karena tidak memilik uang untuk membeli sarapan. 

Bersyukur memiliki sepeda montor meskipun teman-teman seangkatan mungkin sudah memiliki mobil, karena di luar sana masih banyak yang hanya memiliki sepeda bahkan banyak pula yang hanya jalan kaki.

Dengan bersyukur terhadap hal sederhana tersebut akan membuat hati kita bahagia. Sehingga timbul semangat untuk terus menjalani hidup ini.

2. Murah senyum atau perbanyak tertawa

Senyum itu ibadah. Tentu teman-teman sudah tahu tentang hal itu. Selain bernilai ibadah, senyuman bisa menandakan sesorang bahagia. Meskipun, terkadang senyuman yang dihadirkan hanya untuk menutupi keadaan sebenarnya.

Seorang yang bahagia akan terlihat dari senyuman dan tawa yang riang. Meskipun pada awalnya hanya sekedar menutupi masalah yang terjadi, tetapi dengan adanya senyum yang hadir di sudut bibir akan merespon tubuh untuk menghasilkan hormon endorfin yang bisa menimbulkan rasa bahagia.

Dengan kita sering tersenyum akan menjadikan Kota untuk tetap berfikir postif dengan dengan hal yang sedang dihadapi.

Kita bisa membiasakan ternyum smulai saat bangun tidur. Memulai hari dengan senyuman akan menjadikan hidup kita lebih bahagia. Meskipun mungkin kenyataan yang dihadapai akan berbeda.

3. Tidur yang cukup

Salah satu cara supaya hidup bahagia adalah dengan mencukupi kebutuhan tidur. Tidur yang terlalu lama tidak menjamin kualitas tidur baik. Yang paling penting adalah kualitas tidur cukup dengan waktu yang teratur.

Biasanya kecukupan tidur satu orang dengan yang lain itu berbeda. Tetapi, pada umumnya manusia membutuhkan 7 hingga 9 jam perhari untuk tidur. Hal ini bisa diatur dengan 6 jam tidur di saat malam dan 1 jam untuk istirahat siang.

Selain cukup waktu tidur, kita juga membutuhkan tempat tidur yang nyaman. Sehingga, saat kita tidur betul-betul dapat mengistirahatkan tubuh kita.

Beberapa langkah untuk menciptakan tempat tidur supaya nyaman adalah dengan senantiasa membersihkan tempat tidur. Selain itu mematikan lampu saat tidur juga dapat meningkatkan kualitas tidur kita.

Buat jadwal tidur harian, misalnya tidur pukul 10 malam dan bangun pukul 4 atau 5 pagi. Dengan membuat jadwal tidur ini akan membuat tidur berkualitas. Sehingga saat bangun tidur, kita akan merasa bahagia.

4. Milikilah teman dan jangan larut dalam kesendirian

Meskipun tidak suka bergosip tetapi memiliki satu atau dua teman tentu tidak ada salahnya. Sebagai mahkluk sosial, manusia memang tidak bisa hidup sendiri. Kita membutuhkan orang lain untuk memenuhi segala kebutuhan kita.

Memiliki teman bukan berarti kita akan terus bergosip atau membicarakan hal-hal yang tidak berguna. Ada kalanya teman dibutuhkan saat kita sedang susah maupun senang. Misalnya saja, saat kita sedang memiliki masalah, bercerita terhadap teman akan mengurangi beban masalah yang kita hadapi. Meskipun teman kita tidak dapat memberikan solusi atas masalah yang kita hadapi, paling tidak dengan kita bercerita tentang permasalahan kita, perasaan kita akan jauh lebih baik daripada hanya memendamnya sendiri.

Oleh karena itu, salah satu tips sederhana supaya bisa hidup bahagia adalah memiliki teman yang baik yang mau menemani kita dalam suka dan duka.

5. Olah raga secara teratur

Terlalu banyak pikiran akibat pekerjaan atau masalah lainnya bisa menimbulkan rasa cemas yang berlebihan, bahkan bisa mengarah ke stress.

Salah satu cara untuk mengurangi stress adalah dengan olah raga secara teratur. Saat stress hilang yang ada tentu perasaan senang dan bahagia dalam menjalani hidup.

Dalam berolahraga tidak perlu aktivitas fisik yang berat dan menguras tenaga. Olahraga yang dilakukan bisa dengan olahraga ringan saja, misalnya jalan kaki pada waktu pagi hari mengelilingi kompleks perumahan. Selain sehat, kita juga bisa lebih akrab dengan lingkungan dan tetangga. 

Jika, malas jalan kaki, kita juga bisa mengikuti kelas olahraga, seperti zumba, senam aerobik atau pun yoga. Bisa dipilih senyaman mungkin dan tentu olahraga yang dapat membuat kita bahagia 

Nah, itu tadi 5 Tips Sederhana supaya hidup bahagia dari saya. Kalau teman-teman punya tips apa nih supaya selalu bahagia.




Posting Komentar untuk "5 Tips Sederhana supaya Hidup Bahagia "