Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Ketahui tentang Insecure, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Insecure, Penyebab dan Cara Mengatasinya


Hai sahabat puspa...pernah tidak merasa tidak berguna dan merasa hanya sebagai remahan kehidupan. Itu disebut insecure.Hal ini wajar adanya, tetapi jika berlebihan tentu tidak baik bagi kehidupan kita. Untuk itu,  Yuk, ketahui tentang Insecure, Penyebab dan Cara Mengatasinya.


Apa Itu Insecure

Insecure adalah perasaan tidak mampu, tidak cukup baik, kecemasan yang membuat seseorang merasa tidak aman. 

Tingkat percaya diri tiap orang bisa berubah kapan saja. Sehingga saat rasa percaya diri menurun  seseorang akan merasa rendah diri, malu atau minder. Hal ini akan membuatnya merasa tidak aman ketika melakukan sesuatu.

Setiap orang pernah merasakan insecure, pun dengan saya. Seperti saat berkumpul dengan teman-teman, di mana mereka terlihat begitu mudah dalam menjalani kehidupan, bisa membeli ini itu dengan mudah. Sementara saya, untuk memiliki sesuatu harus berhemat dan menabung sedikit demi sedikit. Saat seperti itu, saya merasa tidak berarti apa-apa. Tentu hal ini wajar ya, tetapi jika dibiarkan berlarut-larut tentu tidak baik. Untuk itu perlu diketahui penyebab dan Cara mengatasi insecure

Ora Jawa bilang "Urip iku sawang sinawang". Yang artinya kita sering melihat kehidupan orang lain itu lebih baik dari kita. Padahal belum tentu apa yang kita lihat, sama dengan yang mereka rasakan. Seringnya membandingkan kehidupan sendiri dengan orang lain itu tentu tidak baik untuk mental kita. Yang akhirnya akan menjadi sifat iri terhadap orang lain.


Penyebab Insecure

1. Sering mengalami kegagalan atau penolakkan

Orang yang sering mendapat kegagalan atau penolakan lebih mudah menderita insecure. Karena dia merasa semua keinginannya tidak pernah terwujud sehingga apa yang dilakukan selama ini sia-sia saja. 

Misalnya seorang anak yang ingin kuliah di perguruan tinggi A, tidak diterima meskipun sudah bekerja keras. Kemudian ingin bekerja di perusahaan B juga tidak bisa. Hal ini bisa membuat dirinya menjadi rendah diri dan minder, karena merasa kemampuannya tidak sebaik orang lain.

2. Lingkungan yang tidak baik

Setiap orang hidup di lingkungan yang berbeda. Ada yang harmonis dan mau menerima kekurangan dan kelebihan anggota keluarganya. Namun, tak sedikit dari kita yang hidup dengan dibanding-bandingkan. Misalnya,"lihat tuh kakakmu bisa masuk PTN tanpa tes, lha kamu?" Meskipun tujuan pertamanya untuk memotivasi adik, tetapi jika banyak hal dibandingkan. Akan membuat adik merasa minder karena tidak bisa berprestasi seperti kakaknya.

3. Ingin terlihat perfeksionis atau sempurna

Orang yang terbiasa dengan sifat prefeksionis, saat melakukan sesuatu dan hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan atau hasilnya jauh dari harapannya bisa menyebabkan dia insecure. Jika, perasaan itu muncul akan menyebabkan dia kecewa dan menyalahkan diri sendiri.

4. Dipandang atau divonis tidak baik oleh orang lain

Insecure juga bisa disebabkan seringnya dia dipandang tidak baik oleh orang lain. Misalnya anak orang miskin yang sering dikatakan bau oleh teman-temannya. Perlakuan teman-temannya tersebut membuat anak tersebut tidak aman saat bersosialisasi dengan orang lain. Kebanyakkan mereka memilih menyendiri.

Baca juga Tidak Perlu menjadi orang lain untuk sukses 

Cara Mengatasi Insecure 

1. Banyak Bersyukur

Syukuri apa yang kita miliki saat ini. Coba tengok ke bawah, kanan atau kiri. Di sana masih banyak orang-orang yang nasibnya lebih buruk dari kita. 

2. Belajar mencintai diri sendiri

Cintai diri kita sendiri sebelum mencintai orang lain. Dengan mencintai diri sendiri akan menumbuhkan rasa percaya diri. Yakinlah bahwa setiap manusia itu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu pun dengan diri kita. Meski sulit pada awalnya untuk memulai, tetapi lama kelamaan kita akan terbiasa dan  bisa lebih percaya diri.

3. Cari lingkungan dengan suasana positif

Lingkungan sangat berpengaruh terhadap kejiwaan seseorang. Apalagi bagi seseorang yang pernah mengalami trauma atau vonis tidak baik dari lingkungan. Langkah untuk mencari lingkungan baru sangat tepat untuk penyembuhan trauma. Dengan suasana baru diharapkan mampu menghapus trauma dan pandangan baru.


4. Buang pikiran negatif

Untuk menumbuhkan rasa percaya diri bisa dilakukan dengan membuang pikiran-pikiran negatif dan menggantinya dengan berpikir positif.


5. Evaluasi hubungan

Sebaiknya mengevaluasi secara berkala hubungan antar teman, saudara, kekasih. Mana hubungan yang positif dan mana hubungan yang negatif. Sebaiknya, kita menjahui hubungan yang bersifat negatif karena tidak membawa kebaikan pada kita. 

Meninggalkan hubungan yang bersifat negatif mampu membantu kita terhindar dari insecure.


6. Membebaskan diri melakukan sesuatu yang menyenangkan 

Melakukan pekerjaan yang menyenangkan membantu menumbuhkan rasa percaya firi seseorang. Misalnya ada yang suka berkebun, senang jalan-jalan.

Kebahagiaan akan menumbuhkan rasa percaya diri seseorang dan membuka pikiran kita untuk menjadi lebih baik.


Sahabat puspa itu tadi sedikit tentang Insecure, Penyebab dan Cara Mengatasinya. Sesekali insecure boleh, setelahnya, jadikanlah semangat untuk menjadi lebih baik. Karena setiap orang memiliki kelebihan masing-masing.



Posting Komentar untuk "Yuk, Ketahui tentang Insecure, Penyebab dan Cara Mengatasinya"