Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rekomendasi Drama Inspiratif dan Penuh Makna

Rekomendasi drama inspiratif


Menonton drama bukan hanya sekedar untuk mengisi waktu luang dan hiburan semata. Tetapi, banyak makna yang bisa kita petik dari sebuah drama. Yuk, coba tonton 5 rekomendasi drama inspiratif dan penuh makna ini.

Inspirasi dan makna hidup bisa didapatkan dari mana saja. Salah satunya dengan menonton drama. Kegiatan ini mungkin memang membutuhkan waktu longgar karena drama biasanya disajikan dalam beberapa episode. Jadi, sebaiknya menonton drama saat kita benar-benar mempunyai waktu luang. Supaya tidak mengganggu aktifitas kita.

Salah satu manfaat yang kita dapat dari menonton drama adalah mendapatkan inspirasi untuk bahan tulisan. Sedangkan makna yang bisa diambil dari drama yang menginspirasi adalah mengetahui bawasannya untuk meraih kesuksesan butuh perjuangan yang panjang. Berikut ini 5 rekomendasi drama inspiratif dan penuh makna yang bisa ditonton saat mempunyai waktu luang.


5 rekomendasi drama inspiratif dan penuh makna:

1. The Little Nyonya

5 rekomendasi drama inspiratif


Drama The Little Nyonya merupakan drama Chinese- Melayu yang dirilis di Singapura. Drama ini diangkat berdasarkan kisah nyata dari latar belakang berdirinya  Baba & Nyonya Heritage Moseum di Malaca, Malaysia.

Kisah drama ini berlatar belakang tahun 1930 saat masa penjajahan Inggris dan Jepang di Singapura dan Malaysia. Pada waktu itu banyak orang cina yang berexpansi ke luar Cina ke wilayah Asia Tenggara. Diantaranya ke Singapura dan Malaysia. Di sana keturunan Chinese yang kaya disebut Baba untuk laki-laki dan Nyonya untuk perempuan.

Bermula dari Tian Lan yang bekerja di keluarga kaya. Hingga pada akhirnya dijadikan isteri kedua oleh majikannya. Meskipun sudah menjadi isteri kedua dari keluarga kaya, namun Tian Lan tetap dianggap pembantu oleh keluarga tersebut karena berasal dari keluarga miskin. Dari pernikahan tersebut lahir seorang putri bernama Ju Xiang yang cantik dan pintar, namun bisu dan tuli.

Untuk memenuhi ambitious keluarga Ju Xiang dipaksa menikah dengan seorang lelaki kaya yang sudah berkeluarga. Karena tidak mau menikah, Ju Xiang melarikan diri menemui lelaki fotografer dari jepang yang dicintainya. Namun, pernikahan mereka tidak bahagia dan mereka mati muda meninggalkan Yue Niang, putri mereka seorang diri.

Yue Niang akhirnya diasuh oleh neneknya Tian Lan. Menginjak remaja Yue Nian tumbuh menjadi remaja yanv cantik, pintar dan optimis. Karena suatu masalah dia diusir dari keluarga tersebut. Dia mencoba berbagai usaha untuk menghidupi dirinya saat diluar.

Dengan kerja kerasnya usaha Yue Niang mulai berkembang dan maju pesat. Sementara itu keluarga kakeknya bangkrut karena anak-anaknya tidak bisa mengelola usaha keluarga. Bahkan, mereka harus meninggalkan rumah tersebut karena disita oleh Bank. 

Melihat hal tersebut Yue Niang tidak tega, hingga akhirnya membeli kembali rumah terebut supaya bisa ditempati oleh kakek dan nenek tirinya(Lu Tian meninggal saat Yue Niang belum sukses). Setelah kakek neneknya meninggal, rumah tersebut dialih fungsikan sebaga museum dengan nama Baba&Nyonya Heritage Moseum.


2. Jewel in the Palace atau Dae Jang Geum

Jewel in The Palace merupakan drama korea berlatar sejarah pada masa Dinasti Joseon. Tentang seorang dokter wanita pertama di Korea yang berhasil menyembuhkan orang sakit dengan obat-obatan tradisional dan juga metode kedokteran.

Kisah bermula dari ibu Jang Geum yang menjadi dayang istana digital oleh rekannya dayang Choi yang mengakibatkan muncul perintah untuk membunuh ibu Jang Geum. Berkat bantuan Dayang Han, ibu Jang Geum berhasil melarikan diri dan bertemu dengan Seo, seorang Pereira istana yang mengundurkan diri karena merasa bersalah telah membunuh seseorang. Akhirnya mereka menikah dan mempunyai anak perempuan yang cerdas bernama Jang Geum.

Saat Jang Geum berusia sepulcher tahun, pihak kerajaan menyuruh mencari Seo. Ayah Jang Geum akhirnya dihukum dengan hukum mati. Sementara itu Jang Geum dan ibunya berhasil melarikan diri. Namun, karena mendapatkan luka yang parah ibu Jang Geum meninggal.

Berkat bantuan seseorang  Jang Geum berhasil masuk mendaftar menjadi dayang senior. Dengan penuh perjuangan dan banyaknya penderitaan yang dialami membuat Jang Geum kuat.

Jang Geum terus mengasah kemampuannya dengan belajar menjadi perawat dan meramu obat tradisional. Hingga dia bisa membantu menyelamatkan banyak orang.


3. Dong Yi

Dong Yi merupakan drama korea di era dinasti Joseon. Drama ini memperoleh rating tertinggi di masa tayangnya.

Drama ini berkisah tentang Raja Sukjong (Raja ke-19) dinasti Joseon dengan Choe Suk-bin selir kedua kerajaan.

Choi Suk-bin sebelum menjadi selir bernama Dong Yi,seorang pegawai musik kerajaan.yang cekatan dan pintar. Sebenarnya dia adalah anak pendiri sebuah perguruan silat yang difitnah oleh seseorang di kerajaan. Hal ini mengakibatkan ayah dan kakaknya meninggal dunia. Dan, demi menyelamatkan diri, dia mengganti namanya.

Karena kepintaran dan kecerdikan Dong Yi mampu mengungkap kejahatan di istana menarik hati Raja Sukjong. Mereka akhirnya menikah. Dan Dong Yi mendapat gelar Choe Suk-bin.

Meskipun sudah menjadi seorang selir, namun ridak menyurutkan langkah orang-orang yang ingin menyingkirkannya. Karena takut putra Dong Yi akan merebut tahta putra mahkota dari selir Jang. Kebetulan ratu tidak mempunyai keturunan.

Dengan penuh perjuangan Dong Yi berusaha melindungi Putranya. Dan putera mahkota tetap bisa naik tahta menggantikan Raja Sukjong. Putra mahkota pada akhirnya naik tahta tetapi hanya sebentar karena dia menderita suatu penyakit. Tahta kerajaan Joseon jatuh pada putra Dong Yi, Yeongjo yang menjadi Raja ke-21. Pada masa kepemimpinan Yeongjo, Joseon mengalami kejayaan.


4. Moon Embracing the Sun

Moon Embracing the Sun merupakan drama korea di masa Dinasti Joseon. Drama ini mendapat berbagai komentar negatif karena dianggap menyimpang dari sejarah Joseon. Apa pun pendapat orang, tetapi drama ini sangat asyik untuk ditonton.

Pada masa kerajaan di Korea sudah hal biasa jika pangeran (Lee Hwon) memasuki dunia remaja sudah mulai dicarikan pendamping. Untuk mencari kandidat terbaik diadakan pemilihan putri mahkota. Salah satu putri mahkota yang mengikuti kompetisi adalah Yeon-woon, putri seorang sarjana istana. Saat pertama bertemu keduanya sudah saling jatuh cinta.

Pada akhirnya Yeon-woon terpilih menjadi putri mahkota. Namun, kebahagian mereka tidak berlangsung lama karena Yeon-woon tiba-tiba sakit dan sakitnya aneh. Hingga akhirnya Yeon-woon meninggal dunia(sebenarnya hanya mati suri). Hal ini dilakukan oleh dukun kerajaan untuk menyelamatkan Putri mahkota tersebut.

Setelah siuman dari mati suri, Yeon-woon kehilangan ingatan di masa lalunya. Kemudian dia menjadi shaman istana sebagai jimat putra mahkota.

Pada saat berada dihukum di istana, tempat dia menjadi putri mahkota dulu, Yeon-woon mendapatkan kembali ingatannya. Namun, dia tidak berani berterus terang terhadap putra mahkota karena orang dibalik semua kejadian tersebut adalah nenek putra mahkota, Ratu Dowager yang ingin memenuhi keinginan adik perempuan Lee Hwoon yang jatuh cinta pada kakak Yeon-woon. Sehingga Ratu Dowager menggunakan sihir untuk menyikirkan Yeon-woon. 


5. Hometown Cha-Cha-cha

Hometown cha-cha-cha adalah drama Korea  hasil remake drakor berjudul Mr. Hong. Drama bergenre romantis komedi sangat recommended untuk ditonton karena disamping menghibur juga ada hikmah yang bisa dipetik.

Berkisah tentang dokter gigi Hye Jin yang memutuskan membuka klinik di desa nelayan Gonjing. Karena barusaja dipecat dari klinik tempatnya bekerja.

Di desa tersebut Hye Jin bertemu denga Mr. Hong seorang lelaki Musa yang mempunyai banyak sertifikat ketrampilan. 

Ditemani Mi-seo temannya, Hye Jin mengelola klinik gigi di Gonjing. Pada awalnya sulit karena belum terbiasa dengan kehidupan desa tersebut. Namun, perlahan kepercayaan warga desa mulai tumbuh pada dokter gigi tersebut.

Banyak pesan yang bisa dipetik dari drama ini mulai dari trio nenek yang tinggal seorang diri dirimah masing-masing karena anak-anak mereka memilih tinggal di kota. 


Itu tadi 5 rekomendasi drama inspiratif dan penuh makna untuk teman-teman. Mungkin bisu dimasukkan list untuk menonton. Sehingga, saat ada waktu luang, tidak perlu bingung mencari kegiatan. 



Posting Komentar untuk "5 Rekomendasi Drama Inspiratif dan Penuh Makna"