Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Innerchild? Bagaimana Dampak Luka Pengasuhan dan Cara Mengatasinya?

Apa itu Innerchild


Hai sahabat puspa...pernah dengar istilah innerchild? Sebenarnya apa itu inner child? Bagaimana dampak luka pengasuhandan cara mengatasinya.

Istilah innerchild bagi saya pribadi masih terlalu awam. Kebebetulan kemarin saya mengikuti zoom yang diadakan ISB (Indonesian Sosial Blogpreneur) bersama Dandiah Care dengan tema "Bertemu dengan Innerchild". Jadi, bisa menambah ilmu tentang istilah ini.

Semakin bertambahnya usia seseorang tentunya diimbangi dengan pertumbuhan fisik dan mental. Dan, tentunya sikapnya akan semakin dewasa. Sikap orang dewasa tersebut terbentuk dari pola asuh yang diterima dari orang tua dan lingkungan sekitarnya sejak kecil. Ada kenangan manis atau pun pahit yang mungkin saja masih terekam dan terbawa hingga saat dia dewasa.

Pengertian innerchild

Inner child adalah sisi kepribadian seseorang yang masih bereaksi dan terasa seperti anak kecil atau sisi kekanak-kanakan dalam diri seseorang.

Dengan kata lain inner child adalah bagian dari diri kita yang tidak ikut tumbuh dan tetap menjadi anak-anak. Artinya bagian tersebut terus menetap dan bersembunyi di dalam diri kita. Bagian ini memegang erat setiap ingatan dan emosi yang pernah dialami saat masih kecil. Ingatan ini bisa Indah maupun buruk.

Ingatan yang indah tentu baik perkembangan anak. Tetapi, ketika anak mempunyai trauma atau ingatan yang buruk di masa kecil (inner child terluka)akan terus terbawa dan menyerap setiap energi negatif, baik berupa perilaku maupun ucapan dari orang yang kita anggap seharusnya dapat memberikan rasa aman. Hal ini akan mempengaruhi kita saat dewasa baik  dalam mengambil keputusan maupun berhubungan dengan orang lain.

Innerchild yang terluka dan belum disembuhkan akan membawa dampak buruk bagi masa depan. Terutama saat kita menemukan goncangan atau masalah dalam kehidupan. Misalnya masalah dalam perkawinan, masalah ekonomi dari mapan menjadi tidak punya apa-apa, masalah kenakalan anak. Jika Hal ini terjadi pada seseorang yang mempunyai innerchild terluka akan sangat berbahaya efeknya.


Mengapa ada luka? Mengapa ada anak durhaka?

"Maka disebabkan rahman dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekitanya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka mmenjauhkan diri dari sekelilingmu."

(QS. Ali Imran : 159)

Pada dasarnya setiap anak mempunyai hak yang harus dipenuhi oleh orang tua. Jika, hak tersebut tidak dipenuhi maka akan menyebabkan luka pengasuhan. 


7 Hak anak adalah

1. Hak untuk hidup dan tumbuh berkembang

2. Hak untuk mendapatkan perlindungan dan penjagaan dari siksa api neraka.

3. Hak untuk mendapatkan nafkah dan kesejahteraan

4. Hak untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran

5. Hal mendapatkan pendidikan dan pengajaran

6. Hak mendapatkan cinta kasih 

7. Hak bermain

Jika hak-hak anak diatas tidak terpenuhi, maka akan ada innerchild yang terluka yang disebut luka pengasuhan. Seperti pada kasus artis Marshanda beberapa waktu yang lalu. Saat dewasa dia mengalami Bipolar Disorder yaitu penyakit psikologi yang ditandai dengan perubahan mood atau alam perasaan yang sangat extrim, berupa depresi dan mania. Penyakit yang menimpa artis tersebut bersumber dari Innerchild yang terluka dan belum disembuhkan secara tuntas. Karena berdasarkan pengakuan artis tersebut semasa kecil dia terlalu divorsir oleh ibunya untuk menjadi artis cilik. Sehingga ada masa kecil yang direnggut dengan paksa.

Karena ada luka tersebut membuat seorang anak bertindak diluar kewajaran. Seperti berani pada orang tua. Hal inilah kemudian muncul istilah anak durhaka. 

Untuk menangani luka pengasuhan pun dibutuhkan penelusuran yang panjang. Hal ini untuk mengetahui letak luka pengasuhan dan Cara mengatasinya sesuai dengan letak luka tersebut.

7 tema luka pengasuhan

Apa itu inner child


Dari 7 tema luka pengasuhan diatas  kita akan mengetahui cara untuk mengatasi luka pengasuhan yang tepat. Karena setiap tema cara mengatasinya berbeda.

Untuk itulah kita perlu meneliti diri sendiri apakah mungkin diri kita termasuk salah satu dari tujuh tema luka pengasuhan diatas. Kalau termasuk, segera lah untuk mengatasinya. Supaya luka pengasuhan tersebut segera hilang. Dan, kita bisa menjalani hidup sesuai dengan umur dan mental.


Dampak luka pengasuhan

Jika dalam diri kita menemukan luka pengasuhan, sebaiknya luka tersebut segera dibasuh dengan tuntas. Stop innerchild yang terluka dikita saja. Karena jika luka itu masih ada, akan sangat mempengaruhi diri sendiri, pernikahan, parenting dan lingkungan.

Bagi personal

- Self worth-"Dua wajah sosok Insecure"

Di sosial media atau kehidupan sehari-hari mungkin kita pernah melihat orang yang suka memamerkan segalanya, mulai dari pakaian, perhiasan, kegiatan. Padahal bisa saja orang tersebut sebenarnya mempunyai kepribadian berbeda saat dirumah.

-Kesehatan fisik

Luka pengasuhan juga bisa berdampak pada fisik seseorang, seperti sering sakit-sakitan.


Pre Marital

Luka pengasuhan pre Marital ini terjadi biasanya pada anak yang mengalami broken home atau pelecehan. Sehingga menimbulkan imaji terhadap pernikahan dan sosok lawan jenis. Misalnya:

- Imaji hingga trauma pada pernikahan

- Imaji hingga trauma pada sosok laki-laki dan perempuan


Marital 

Luka pengasuhan yang belum dibasuh tuntas akan sangat fatal akibatnya jika orang tersebut tertimpa masalah dalam masa perkawinannya.

Hal ini akan menyebabkan:

- Trust Issue

Misalnya dahulu orang tuanya berselingkuh atau dia korban broken home. Hal ini akan membuat dia akan berpikiran kalau pasangannya akan melakukan hal sama (mengkhianati pasangan)dengan apa yang orang tuanya lakukan. Sehingga bersikap curiga, tidak percaya pada pasangannya.

- Anger Issue

Anger Issue adalah kondisi seseorang yang marah-marah dan ketika marah pun mereka lakukan dengan berlebihan. 

Misalnya pasangan memecahkan piring tanpa sengaja. Sebenarnya mudah diatasi tinggal menyapu pecahan piring dan membuangnya beres. Tetapi, bagi orang yang mempunyai luka pengasuhan, akan cenderung membesarkan masalah sepele tersebut.

- Parenting

Akibat luka pengasuhan yang belum selesai akan mempengaruhi pola asuh terhadap anak kita. Sehingga kemungkinan besar akan menerapkan pola asuh yang sama dengan yang diterapkan oleh orang tua mereka dahulu. 


Sosial

Luka pengasuhan yang belum tuntas akan mengganggu kehidupan sosial bermasyarakat. Misalnya orang yang jarang bercanda ketika diajak bercanda dia akan marah-marah dan menganggapnya terlalu serius.


Cara mengatasi luka pengasuhan

1. Jika mempunyai keinginan dimasa lalu yang belum tercapai. Segera laksanakan, seperti ingin membeli sepeda, maka segera belilah sepeda. Ingin makan enak, maka segeralah membeli makan yang enak. Dan, hal-Hal lain yang ingin dilakukan.


2. Memaafkan

Jika kita mengalami luka pengasuhan dari orang tua. Tidak perlu menyalahkan orang tua, toh menyalahkan juga tidak akan mengubah keadaan kita. Jalan yang terbaik adalah berdamai dan memaafkan. Dengan begitu kita sudah mengetahui pola asuh yang diterapkan orang tua dahulu tidak baik. Maka, kita menerapkan pola asuh ke anak dengan pola asuh yang baik.


Nah, itu tadi sedikit pembahasan tentang apa itu Innerchild? Dampak luka pengasuhan dan Cara mengatasinya. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat bagi teman-teman. 

"Bukan ilmu yang seharusnya mendatangimu, tapi kamu yang seharusnya mendatangi ilmu." - Imam Malik






Posting Komentar untuk "Apa itu Innerchild? Bagaimana Dampak Luka Pengasuhan dan Cara Mengatasinya?"