Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Camilan Sehat untuk Hidup Berkualitas

Tips Memilih Camilan Sehat untuk Hidup Berkualitas

Ngomong-ngomong tentang camilan, siapa sih yang tidak suka makan camilan sambil nonton atau ngobrol . Memang mengasyikkan, tetapi bagaimana memilih camilan yang sehat untuk hidup berkualitas, supaya tubuh kita tetap sehat?

Pengertian Camilan

Camilan adalah makanan dalam porsi kecil yang dimakan di antara dua makan besar.

Kalau dilihat dari pengertiannya sih sudah jelas ya, kalau camilan itu makanan dalam porsi kecil yang dimakan di antara dua jam makan. Lalu, disebut apa kalau kita makan camilan setelah makan malam? Camilan ataukah makan yang keempat, ya?

Apalagi bagi orang timur banyak berfikir kalau belum makan nasi belum disebut makan, meskipun baru saja makan semangkok bakso atau mie ayam. Pernyataan ini seolah membolehkan kita makan apa saja di antara dua jam makan yang penting bukan nasi. Nanti, kalau mengalami kenaikan berat badan yang disalahkan camilannya.

Jujur saya kalau melihat aneka makanan kekinian itu suka ngeri. Misalnya saja roti bakar dengan topping yang beraneka macam, sudah ada meses, masih ditambah susu dan keju. Enak sih memang itu makanan. Tapi rasanya pasti nek. Belum lagi membayangkan kalau semua itu karbo dan tinggi gula. Bagaimana kondisi tubuh kita jika makanan seperti itu terus menerus masuk ke tubuh kita. 

Ditambah lagi aneka minuman yang juga banyak sekali dipinggir jalan maupun dalam kemasan yang mengandung kadar gula yang cukup tinggi.

Saat ini, kita memang perlu selektif dalam memilih makanan yang masuk ke tubuh kita. Jangan hanya enak semua bisa masuk. Tetapi, juga perlu diperhatikan makanan tersebut baik tidak untuk tubuh kita. Karena menjaga kesehatan itu lebih penting dari pada mengobati penyakit.

Saya biasanya makan camilan pagi sekitar jam 10-11 dan sore sekitar jam 4-an. Sementara, setelah makan jam 7-8 malam, saya sudah tidak makan lagi dan memilih untuk tidur. Ini salah satu cara supaya berat badan tidak naik.

Alasan makan camilan biasanya karena ingin saja sebagai teman minum kopi. Waktu makan camilan biasanya sambil nonton drakor atau buka sosial media. Sementara saat menulis, saya memang tidak menyediakan camilan khusus karena saya menulisnya biasanya malam sebelum tidur.

Tips memilih camilan sehat untuk hidup berkualitas:

1. Pilih camilan yang mengandung tinggi serat 
Serat berguna bagi tubuh untuk membantu memperlancar pencernaan. Seperti mencegah sembelit, syndrome iritasi usus besar serta diare. Memilih camilan yang mengandung tinggi serat sangat baik untuk tubuh. 

Contoh makanan yang mengandung tinggi serat adalah buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

2. Atur porsi camilan
Namanya camilan itu porsinya kecil hanya sebagai pengganjal perut sebelum jam makan datang. Jadi, atur porsi camilan secukupnya saja sampai waktu makan tiba.

Meskipun camilan sehat, tetapi apabila dikonsumsi dalam jumlah besar tentu tidak baik untuk tubuh kita. Dan, lagi jika porsi camilan terlalu banyak, maka saat jam makan tiba, kondisi perut kita masih kenyang. Hal ini tentu akan mengubah jam makan selanjutnya.

3. Camilan Rendah kalori baik untuk tubuh
Makanan yang mengandung kalori dibutuhkan untuk tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tetapi, mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi tidak baik untuk kesehatan, salah satunya bisa menyebabkan obesitas atau kegemukan.

Pilih camilan yang mengandung rendah kalori bisa membantu menjaga berat tumbuh tetap seimbang dan tentu saja baik untuk kesehatan. Contoh camilan rendah kalori seperti telur, kacang hijau, semangka, worthless pepaya dan camilan lainnya.

4. Kurangi camilan yang mengandung gula.
Gula dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi, seperti semua makanan pada umumnya, konsumsi gula secara berlebih tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Konsumsi gula berlebih akan mengakibatkan lonjakan kadar gula dalam darah yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit diabetes dan penyakit kronis lainnya. Untuk itu hindari memilih camilan yang mengandung kadar gula yang tinggi. Kita bisa memilih buah-buahan segar atau kacang-kacangan.

5. Pilih camilan yang mengandung banyak protein
Peran protein sangat penting bagi tubuh kita yaitu sebagai sumber energi, membentuk antibodi, menyimpan energi, mempercepat reaksi kimia dan fungsi vital lainnya.
Untuk itu pilihlah camilan yang banyak mengandung protein seperti telur, kacang-kacangan, biji-bijian dan lainnya.

6. Hindari camilan lemak trans
Lemak trans tidak baik bagi tubuh karena bisa menyebabkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah serta bisa menurunkan kadar kolesterol baik. Biasanya lemak trans terdapat pada daging kambing, sapi, produk olahan susu dan keju.

Untuk itu pilihlah camilan yang tidak mengandung lemak trans seperti kacang almond dan alpukat.

7. Minum air putih sebagai pengganti minuman berwarna
Banyaknya jenis minuman kemasan saat ini tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebihan. Karena mengandung kadar gula yang tinggi. Untuk itu sedapat mungkin hindari mengkonsumsi minuman kemasan secara berlebihan.

Pilihlah air putih untuk menghindari dehidrasi dan juga mengurangi asupan energi. 

Dengan memilih camilan sehat akan membuat hidup berkualitas dan tetap sehat. Perubahan secara perlahan akan membawa efek yang besar bagi tubuh kita. 

“Sehat itu murah, yang mahal adalah saat kita sakit.”









Posting Komentar untuk "Tips Memilih Camilan Sehat untuk Hidup Berkualitas"