Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Memandang Positif Pencapaian Orang Lain

6 Cara Memandang Positif Pencapaian Orang Lain
Ilustrasi kebahagian bersama teman

Kehidupan itu memang beragam bentuknya. Ada yang sukses di usia muda, namun tak sedikit yang sampai tua kehidupannya biasa-biasa saja. Memang pencapaian orang itu berbeda-beda dan tentu sesuai dengan kerja kerasnya.

Pencapaian seseorang memang terkadang membuat kita minder. Itu yang saya alami dulu. Ya, dulu saya iri melihat teman-teman sekolah memiliki memiliki kehidupan yang enak. Setelah lulus kuliah, mereka langsung bekerja di Perusahaan bonafit. Sementara saya hanya bisa menjadi buruh di pabrik dengan penghasilan yang pas-pasan.

Rasa minder terhadap pencapaian yang diraih orang lain itu wajar adanya. Karena itu memang sifat manusia. Tetapi, rasa minder secara berlebihan tentu tidak baik untuk diri kita. Jangan sampai kita berkecil hati dengan apa yang diraih oleh orang lain.

Cara Memandang Positif Pencapaian Orang Lain 

1. Baik untuk orang lain belum tentu untuk orang lain

Pencapaian yang diraih orang lain tentu diraih dengan usaha yang keras. Belum tentu kita sanggup melakukan hal yang sama seperti orang lain lakukan. Misalnya seseorang terlihat sukses mempunyai rumah dan mobil padahal usianya masih muda. Hal itu karena orang tersebut setelah selesai bekerja di kantor selama 8 jam, kemudian pulangnya masih bekerja sebagai ojek online.

Bayangkan betapa capeknya dia secara fisik. Jadi, wajar kalau orang tersebutt bisa memiliki kesuksesan dii usia muda. Jika kita ingin seperti orang tersebut, silahkan coba lakukan seperti apa yang dia lakukan. Tetapi, sebelum melakukannya ukur dulu seberapa kuat fisikmu melakukan kerja keras tersebut. Apakah tubuhmu kuat atau tidak. Jangan sampai karena keinginan memiliki rumah dan mobil, tubuhmu tumbang karena kecapekkan.

2. Fokus pada tujuan sendiri

Seorang tetangga baru saja membeli motor baru. Kamu juga tertarik karena montormu sudah tidak bagus lagi tetapi masih layak pakai. Sementara tujuan utamamu adalah memiliki rumah sendiri karena selama ini masih tinggal dengan orang tua dan ada ipar juga dalam satu rumah. Sehingga sering timbul gesekan kecil dalam keluarga.

Ya, sudah jangan hiraukan apa yang orang lain miliki, fokus saja pada tujuan awalmu yaitu memiliki rumah. Jangan sampai tergoda, uang simpananmu digunakan untuk membeli motor. Baru setelah memiliki rumah, silahkan miliki keinginan yang lain.

3. Cintai diri sendiri

Setiap individu diciptakan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Ada orang yang ahli memperbaiki mesin, sementara orang lain ahli menjahit. Jadi, tingkat keberhasilan seseorang itu berbeda-beda sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Maka, cintailah diri sendiri dengan segala apa yang berhasil diraih, tidak perlu membandingkan dengan pencapaian orang lain. Ingatlah kemampuan setiap orang itu berbeda-beda.

4. Jadikan keberhasilan orang lain sebagai semangat untuk menjadi lebih baik.

Datangnya semangat bisa dari mana saja. Salah satunya dari pencapaian yang diraih orang lain. Tak perlu iri dengan pencapaian yang bisa diraih orang lain. Jadikan, pencapaian orang lain itu sebagai semangat, kalau kita juga bisa meraih sesuatu yang kita inginkan.

Balas dendam terbaik adalah dengan membuktikan kalau kita juga mampu berhasil atau suskses seperti orang lain. Hal ini tentunya perlu diimbangi dengan kerja keras untuk meraih Impian. Karena kesuksan tidak datang begitu saja tetapi kita perlu berjuang untuk meraihnya.

5. Belajar dari orang yang sukses

Guru terbaik adalah orang yang sukses dibidangnya. Ada sebuah ungkapan “Jika kamu ingin sukses maka belajarlah dari orang-orang yang sukses.” Jadi, jauhkan rasa iri atau minder terhadap orang yang sukses. Tetapi, justru kita perlu mendekatinya, supaya mengetahui rahasia kesuksesan nya. Yakinlah, semua orang bisa sukses.

Hal ini juga sering saya terapkan baik dalam menulis maupun dalam dunia usaha. Ilmu menulis saya masih sangat sedikit, untuk itu saya menjalin pertemanan dengan teman-teman yang lebih mahir dalam menulis, baik blog, fiksi maupun jenis tulisan lain. Dengan dekat mereka, sedikit demi sedikit akan ada ilmu yang saya dapatkan.

6. Syukuri apa yang kita miliki

Apa yang kita miliki saat ini bisa saja merupakan impian banyak orang di luar sana. Jadi, syukuri apa yang kita miliki. Meskipun itu sekedar bisa makan dengan lauk seadanya. Karena diluar sana masih banyak orang yang kelaparan. Bahkan banyak yang terancam jiwanya.

Selain itu rasa syukur akan membuat hati kita merasa tentram. Perasaan yang tentram akan membuat kita mudah berpikir dengan jernih. Sehingga bisa memicu tiimbulnya ide dalam pikiran kita tentang cara meraih Impian. Dan, ingatlah kalau rasa syukur juga akann membuka pintu-pintu kebaikan lainnya. Salah satunya datangnya kesuksesan.

Setiap orang mempunyai kemampuan sendiri-sendiri untuk meraih kesuksesan. Ada yang lebih dulu mencapai kesuksesan ada juga yang datangnya belakangan. Jadi, tak perlu iri dengan pencapaian orang lain. Karena kita pun bisa sukses asalakan mau bekerja keras.



Posting Komentar untuk "6 Cara Memandang Positif Pencapaian Orang Lain"