Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Film Kartun Era 90-an yang Asyik Ditonton

10 Film Kartun Era 90-an

Masa kecil adalah masa yang paling bahagia. Masa di mana kita hanya tahu bermain dan belajar. Tanpa perlu memikirkan segala hal yang akan terjadi esok harinya. Salah satu kegiatan masa kecil yang menyenangkan adalah menonton film kartun.

Menonton film kartun tidak hanya disukai anak-anak saja, tetapi tak sedikit orang dewasa yang juga menyukai kartun. Dengan tokoh yang karismatik dan mempunyai ciri khas tersendiri membuat kartun disukai berbagai usia.

Era 90-an merupakan masa keemasan film kartun. Banyak sekali tokoh kartun bermunculan dengan kisah-kisah yang menarik. Bahkan beberapa kartun yang dulu tayang, masih ditayangkan ulang hingga saat ini. Bahkan saat ada iklan jadul lewat, kita seolah tidak sabar menanti kelanjutan film nya.

10 Film Kartun Era 90-an yang Asyik ditonton

1. Doraemon

Doraemon merupakan kartun Jepang yang sangat ikonik dan sangat popular semenjak ditulis di Manga oleh Fujiko F. Fujio pada tahun 1969. Serial ini kemudian diubah menjadi tontonan dalam bentuk animasi pada tahun 1979.

Kartun berwujud robot kucing gembul ini datang dari masa depan, tugasnya untuk menemani Nobita. Nobita adalah seorang anak yang malas, kurang percaya diri, selalu saja ada masalah yang dihadapinya. Selain itu, dia juga mempunyai keinginan yang aneh-aneh. Namun, berkat kantong ajaib Doraemon yang dapat mengeluarkan berbagai alat, dapat membantu Nobita mengatasi masalah dan keinginannya.

Dan, saya pun dari dulu sampai sekarang ingin sekali meminjam kantong ajaib Doraemon supaya segala keinginan tercapai. Keinginan ini ternyata juga diimpikan banyak orang yang menyukai kartun Doraemon. Kalau teman-teman, apakah ingin meminjam kantung ajaib Doraemon juga?

2. Tom and Jery

Entah siapa yang memulai kucing dan tikus tidak akur. Mungkin karena tikus yang suka mengambil makanan di rumah, sementara kucing bertugas untuk menjaga rumah. Jadi, kedua binatang ini menjadi bermusuhan. .

Di tangan William Hanna dan Joseph Barberra, cerita permusuhan kucing dan tikus ini diciptakan menjadi sebuah tayangan yang menarik semua kalangan umur terutama anak-anak.

Tom and Jerry bercerita tentang perseteruan seekor kucing lucu yang bernama Tom dengan tikus yang cerdik bernama Jerry. Dalam setiap episode nya biasanya bercerita tentang Jerry yang ingin mengambil makanan, namun ada Tom yang selalu menghalangi rencana Jerry tersebut. Demi mendapatkan makanan, Jerry menggunakan kecerdikannya untuk mengelabuhi Tom.

Aksi kejar-kejaran yang dipenuhi jebakan selalu mewarnai kartun ini. Meskipun sudah sering kali dilihat, namun kartun ini tidak pernah bosan untuk ditonton.

3. Casper

Film kartun 90-an
Casper adalah kartun hantu berwarna putih.  Dia merupakan hantu lucu yang kesepian. Tugasnya adalah menakuti manusia, seperti ketiga saudaranya yang lain. Tetapi, dia tidak ingin melakukan tugasnya, malah ingin berteman dengan manusia.

Pada awalnya manusia takut dengan kehadiran Casper, tetapi lama- kelamaan karena kebaikan Casper, manusia mulai mau berteman dengan hantu putih tersebut.

Casper pertama kali muncul pada tahun 1945 pada sebuah animasi pendek dengan judul Casper the Friendly Gosht yang diciptakan oleh Joe Oriolo, Seymour Relt dan Vincent E. Valentine. Animasi pendek ini berlangsung selama 14 tahun. Kemudian berpindah hak menjadi comic dan berkembang menjadi kartun.

4. Sailormoon

Sailor Moon adalah kartun yang bercerita tentang lima gadis yang memiliki kekuatan super yang berasal dari Tata surya dan elemen-elemen alam untuk melawan berbagai musuh dari kegelapan. Sailor Moon memiliki misi yaitu menemukan Putri Bulan dan Kristal perak.

Bishojo Senshi Sailor Moon atau Pretty Soldier Sailor Moon atau Kesatria Cantik Sailor Moon awalnya merupakan series di Manga kemudian diubah ke bentuk anime.

Anak era 90-an kebanyakan saat memegang tongkat akan berkata,”Dengan kekuatan bulan aku akan menghukummu.” Ini merupakan ucapan yang sering diucapkan Sailor Moon saat akan beraksi untuk menumpas kejahatan.

Dengan wajah cantik, rambut panjang disertai gerakan lincah mereka membuat anak perempuan di masa itu mengidolakan 5 karakter Sailormoon dan berusaha menirukan gerakan mereka saat bermain bersama.

5. Pokemon

Pokemon atau Pocket Monster merupakan kartun dengan beberapa series. Salah satunya adalah kisah anak kecil bernama Ash dengan Pikachu untuk menjelajahi dunia Pokemon.

Pada awal perjalanan Ash sempat ragu dengan perjalanan tersebut. Tetapi, pada akhirnya Ash bertekad untuk menyelesaikan perjalanan tersebut dengan hasil terbaik. Pada awal perjalanan Pikachu tidak menyukai Ash dan menolak berinteraksi dengan anak tersebut. Namun, sikap itu berubah saat Ash melindungi Pikachu dari Spearow. Dari situ Pikachu mulai mempercayai kalau Ash peduli dengannya.

6. SpongeBob SquarePants

Kartun SpongeBob SquarePants mengisahkan tentang persahabatan antara SpongeBob dengan Patrick di kota Bikini Bottom. Mereka sering berpetualang bersama dan membikin kegaduhan. Hal ini sering membuat Squidward Tentacles kesal dan berusaha menghentikan mereka berdua.

SpongeBob SquarePlants merupakan sosok yang riang dan suka bersahabat. Dia memiliki rumah berbentuk nanas dan bekerja sebagai koki di Krusty Krab.

Krusty Krab sendiri dimiliki oleh seekor kepiting merah yang memiliki sifat pelit yaitu Eugene Krabs. Sebelum memiliki Krusty Krab, dulunya Eugene Krabs merupakan seorang pelaut yang cukup ditakuti.

Meskipun ceritanya sering diulang-ulang, namun kartun ini cukup asyik untuk di tonton pada masa itu.

7. Scooby Doo

Scooby Doo adalah kartun yang bercerita tentang seekor anjing yang bisa berbicara yang bernama Scooby Doo dengan empat orang remaja yaitu Fred “Freddie” Jones, Daphne Blake, Velma Dinkley dan Norville “Shaggy” Rogers.

Keempat remaja tersebut Bersama Scooby Doo berkeliling dunia menggunakan mobil van “Mystery Machine” untuk memecahkan berbagai misteri yang berhubungan dengan hantu dan dunia gaib.

Dalam setiap episodenya, kita akan melihat mereka memecahkan kasus-kasus yang cukup rumit dan ini yang membuat kartun ini cukup menarik.

8. Dragon Ball

Salah satu kartun yang cukup favorit di tahun 90-an adalah Dragon Ball. Dengan tokoh utama Goku.

Goku diceritakan bukan dari golongan manusia, melainkan turun begitu saja dari langit. Bisa disebut kehadiran Goku termasuk misterius. Hal ini juga yang membuat banyak orang enggan untuk merawat Goku sewaktu masih kecil. Beruntuk ada Gohan, seorang kakek yang mau merawat Goku.

Kehadiran Goku memang berasal dari salah satu bola kristal (Dragon Ball) dari langit yang berjumlah 7 dan tersebar di seluruh pelosok dunia. Goku berniat menggumpulkan ketujuh bola tersebut. Dalam proses pengumpulan ketujuh bola tersebut, Goku mengalami begitu banyak hal.

9. Popeye

Popeye adalah kartun dengan tokoh utama seorang pelaut berpakaian putih dengan pipa cangklon (rokok) yang selalu terselip di mulut nya. Yang terkenal dengan kartun ini adalah saat Popeye makan bayam maka kekuatan yang besar akan muncul dari dirinya. Sehingga, dia bisa mengalahkan musuh-musuhnya dengan mudah.

Kartun ini diciptakan pertama kali dalam bentuk komik strip pada tahun 1929 oleh Elzie C. Segar. Oh, ya tokoh Popeye sendiri diambil dari tokoh nyata yaitu Frank. Frank mempunyai sifat tempramental dan suka berkelahi. Namun, dia tidak pernah kalah dan dia juga menyukai makan bayam.

10. Ninja Hattori

Ninja Hattori adalah kartun yang bercerita tentang kehidupan ninja yaitu Hattori, Shinzo, Kenichi dan Sishimaru (seekor anjing ninja). Hattori adalah ninja biru yang takut kadal dan katak yang mempunyai teman Kenichi Mitsuba yang kurang pintar. Kenichi mempunyai saudara bernama Shinzo.

Hattori sering menolong Kenichi yang dijahili oleh Kimimaki, seorang ninja dari Koja dengan kucing ninja nya bernama Kagechio. Meskipun Hattori sering membantu Kenichi, tetapi seperti sifat anak pada umumnya, mereka juga sering bertengkar dan kemudian berbaikan kembali.

Nah, itu tadi 10 kartun yang cukup popular di tahun 90-an yang asyik ditonton. Kalau teman-teman suka menonton kartun apa nih? Adakah salah satunya yang di atas?

 

 

Posting Komentar untuk "10 Film Kartun Era 90-an yang Asyik Ditonton"