Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Menu Favorit di Bulan Ramadan. Adakah yang kamu suka?

Menu Favorit di bulan ramadan




9 Menu Favorit di bulan ramadan. Orang yang berpuasa akan memperoleh dua kebagian. Yaitu saat tiba waktu buka puasa dan saat bertemu dengan Allah SWT.

Saat Adzan Maghrib berkumandang, pertanda telah tiba saatnya berbuka puasa. Segala lapar dan haus yang ditahan seharian, akhirnya mendapatkan penawarnya.

Setelah seharian perut dalam keadaan kosong, kita sebaiknya memang tidak langsung mengkonsumsi makanan berat, seperti nasi. Sebaiknya kita mengkknsumsi makanan ringan, yang biasanya disebut takjil. Dari sekian banyak menu di bulan puasa, kita tentunya memiliki menu favorit di bulan Ramadan. 

9 menu favorit di bulan Ramadan 

1. Bubur kacang hijau

Kacang hijau memiliki banyak serat yang baik untuk tubuh kita. Setelah seharian kita  berpuasa sebelum makan menu utama (nasi) sebaiknya makan dalam porsi kecil dan ringan dulu. Salah satunya bubur kacang hijau.

Bubur kacang hijau bisa disajikan panas maupun dingin. Baik untuk membantu memulihkan tenaga saat berpuasa. Bahan yang dibutuhkan juga banyak tersedia di toko-toko. Selain itu juga aara membuat bubur ini juga cukup mudah dan cepat. Apakah sahabat puspa tertarik untuk membuatnya.

2. Kurma 

Kurma merupakan buah yang berasal dari timur tengah. Buah ini dianjurkan oleh Nabi Muhammad sebagai menu buka puasa.

Cukup tiga butir kurma bisa memulihkan kadar gula darah yang menurun karena seharian berpuasa. Rasa manis dalam kurma baik untuk tubuh kita. 

3. Es Dawet

Ada juga yang menyebutnya dengan es cendol. Minuman ini sangat populer dan saya yakin hampir semuanya sudah merasakannya.

Minuman yang terbuat dari tepung beras, gula merah dan santan yang dipadu dengan tambahan es ini dengan wangi pandan ini membuat hampir semua orang tertarik untu meminumnya. Minuman ini sangat sesuai nikmat diminum saat berbuka puasa.

4. Es kelapa muda atau Degan

Menu Favorit di bulan ramadan


Kesegaran kelapa muda tentu semua sudah tahu. Selain itu buah kelapa sangat baik untuk memulihkan cairan tubuh yang kekurangan saat puasa. Sehingga makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi saat buka puasa.

Keberadaan kelapa muda pun, saat ini cukup mudah ditemukan. Di pinggir jalan banyak kita temui pedagang kelapa muda.

Untuk menyajikan kelapa muda sebagai Sabian buka puasa juga cukup mudah. Hanya tingga menambahkan cairan pemanis dan es batu, kelapa muda sudah bisa dinikmati kelezatannya. Tetapi, jika ingin menyajikan dalam berbagai varian bisa banget, misalnya dengan menambahkan syrup, jeruk atau susu kental manis.

5. Es rumput laut

Waktu buka puasa sangat nikmat di temani sesuatu yang segar. Salah satunya es rumput laut. Selain lezat, rs rumput laut juga mengandung banyak gizi dan serat serta vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk menjadikan rumput laut sebagai minuman untuk buka puasa cukup mudah. Hanya dengan menambahkan beberapa bahan seperti alpukat, kolang kaling, mutiara, santan, gula dan sedikit susu kental manis, es rumput sudah siap dinikmati. Oh ya, jangan lupa menambahkan es batu, biar es rumput lauk semakin nikmat.

6. Kolak

Salah satu menu buka puasa favorit adalah kolak. Hidangan berkuah manis sederhana yang ditambahkan santan supaya lebih gurih.

Varian kolak cukup beragam, tergantung bahan yang ada saja. Seperti kolak pisang, ketela, waluh, bola-bola tepung tapioka, tepung honkwe, durian, nangka dan bahan kolak lainnya. Bahan kolak ini sangat mudah ditemu di pasar tradisional.

Kolak bisa disajikan dingin dengan menambahkan es batu, bisa juga disajikan dalam keadaan panas. Biasanya kolak menjadi menu pilihan untuk berbuka di masjid-masjid.

7. Gorengan

Meski sebenarnya tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak, tetap gorengan bagi orang Indonesia memang merupakan salah satu makanan favorit yang selalu dicari. Termasuk menjadi salah satu menu buka puasa.

Aneka macam gorengan bisa dipilih sebagai menu buka puasa ataupun untuk takjil. Seperti pisang, ketela, ubi, lumpia, bala-bala, Tempe dan lain sebagainya.

8. Teh manis

Waktu buka puasa sudah tiba, tetapi tidak ada mempunyai minuman untuk berbuka. Tidak perlu panik kok, ada teh manis yang sangat mudah dan cepat untuk membuatnya.

Teh manis bisa dinikmati dingin atau pun hangat, tergantung cuaca saat berbuka puasa. Biasanya teh manis dihidangkan dengan aneka gorengan. Kedua hidangan ini sudah mampu mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa.

Meskipun bisa dinikmati dingi atau panas, tetapi ada baiknya menikmati teh manis dalam kondisi hangat saat berbuka puasa. Karena  seharian kondisi tubuh kita kurang cairan, yang membuat suhu tubuh panas. Jika, langsung minum dingin, akan mengakibatkan terjadi perubahan suhu tubuh yang mendadak. Hal ini terkadang bisa membuat seseorang menjadi posing. Berbeda halnya jika kita minum teh manis hangat, perubahan suhu tubuh akan terjadi perlahan-lahan.

9. Aneka jajan pasar

Aneka jajan pasar juga bisa dipilih sebagai salah satu menu buka puasa. 

Ada banyak pilihan jajan pasar yang bisa kita pilih. Jadi, tidak takut bosan. Seperti klepon, lemper, nagasari, kue lapis Dan aneka jajan pasar lainnya. 

Jika, ada waktu luang bisa membuat sendiri. Tetapi, jika tidak ada waktu, jajan pasar bisa dibeli. Karena, jajanan ini banyak tersedia di pasar. Apalagi saat ramadan, pasti banyak penjual takjil.


Dari 10 menu favorit di bulan Ramadan di atas, adakah yang teman-teman sukai. Mungkin teman-teman mempunyai menu favorit sendiri. Karena memang saat bulan Ramadan itu banyak sekali jenis makanan yang bisa kita pilih.

Posting Komentar untuk "9 Menu Favorit di Bulan Ramadan. Adakah yang kamu suka?"