Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Ide Kegiatan Positif saat Puasa Ramadan

Ide Kegiatan Positif saat Puasa Ramadan


Ide Kegiatan Positif saat Puasa Ramadan- Tidurnya orang puasa adalah ibadah. Meskipun begitu, bukan berarti kita bermalas malasan atau tiduran saja. Tetapi, kita harus tetap beraktifitas supaya puasa kita bermakna.

Menjalani puasa selama satu bulan bukan suatu yang mudah. Karena harus menahan lapar dan haus sepanjang hari. Hal ini terkadang membuat kita bosan. Ingin beraktifitas, tetapi takut kekuatan fisik terganggu. Sehingga berpengaruh pada ibadah puasa. Tidak beraktivitas, bosan dan jenuh.

Puasa sebenarnya bukan alasan untuk kita tidak boleh melakukan aktifitas fisik. Tetapi, kita bisa memilih kegiatan positif saat puasa ramadan, tanpa mengganggu ibadah puasa kita.


8 Ide Kegiatan Positif saat Puasa Ramadan

1. Membaca Al-Quran

Di bulan ramadan, setiap aktifitas kebaikan akan mendapat pahala berlipat ganda. Salah satu kegiatan yang dianjurkan untuk diperbanyak adalah membaca Alquran.

Ada baiknya, kita menentukan waktu khusus untuk membaca Al- Quran. Hal ini bertujuan supaya kita bisa disiplin  dalam membacanya. Misalnya setiap selesai sholat fardu atau waktu khusus lainnya.

Selain itu, kita juga perlu membuat target  dalam membaca Al-Quran selama bulan ramadan. Misalnya, dengan membuat target one day one juz atau setiap hari satu juz. Hal ini bertujuan supaya kita semangat saat membaca Al quran juga bisa khatam dalam waktu satu bulan.

2. Mengerjakan sholat sunnah

Bulan ramadan adalah saatnya kaum muslim meningkatkan ibadahnya. Karena setiap amal ibadah di bulan puasa akan mendapat pahala yang berlipat dari Allah SWT.

Selain sholat fardu, selama bulan ramadan kita hendaknya juga perlu meningkatkan ibadah sholat sunnah. Dengan mengerjakan sholat sunnah merupakan salah satu usaha kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sehingga puasa yang kita jalankan pun akan lebih bermakna.

Ide Kegiatan Positif saat Puasa Ramadan


3. Membaca Buku

Bingung karena tidak mempunyai kegiatan saat bulan puasa. Coba saja membaca buku. Pilih buku dengan genre yang kita sukai.

Saat ini untuk membaca buku sangat mudah. Kita tidak perlu membeli setiap buku yang ingin kita beli. Kita bisa membaca buku dengan meminjam buku dari perpustakaan offline maupun online. Selain itu kita juga tidak perlu membawa buku dalam bentuk fisik, karena sekarang  sudah banyak buku yang bisa dibaca versi digitalnya.

Dengan membaca buku, waktu puasa menjadi tidak terasa. Dan, kita juga mendapatkan ilmu baru dari buku yang kita baca. Jadi, waktu puasa kita tidak terbuang sia-sia.


4. Mendengarkan podcast

Jika kita tidak mempunyai waktu luang cukup banyak untuk membaca buku. Kita bisa mendengarkan podcast. Kegiatan ini cukup menarik dan bisa dilakukan saat kita melakukan aktifitas lain. Misalnya memasak sambil mendengar kajian agama.

Pilih channel podcast yang berisi hal-hal positif. Seperti channel yang berisi kajian agama, musik, kisah inspiratif atau podcast lainnya. Dengan mendengarkan podcast menjadikan puasa yang kita jalani lebih relaks dan santai. Selain itu kita juga mendapat tambahan ilmu dari podcast yang kita dengarkan.


5. Membersihkan rumah

Selama ini kita mungkin selalu mempunyai banyak alasan untuk membersihkan rumah. Tidak ada waktulah, sibuk lah, nanti saja dan berbagai alasan lain yang diungkapkan.

Coba saat ramadan ini sempatkan waktu untuk bebersih rumah. Masa iya nanti kalau lebaran tiba, rumah kita masih berantakan. Kan malu kalau ada tamu yang melihat kondisi rumah yang masih berantakan.

Membersihkan rumah pada awalnya mungkin akan terasa berat. Tetapi, saat kita sudah melakukannya, waktu akan berjalan tidak terasa. Dan, efeknya tentu saja rumah kita akan menjadi bersih. Hal ini tentu membuat mood keluarga menjadi lebih baik dan positif, saat melihat rumah menjadi lebih rapi dan bersih.

6. Mencoba masakan baru

Saat tidak berpuasa, mungkin kita jarang bisa makan bersama anggota keluarga karena alasan kesibukan masing-masing. Namun, saat puasa ramadan adalah momen yang tepat bagi anggota keluarga untuk bisa makan bersama-sama, yaitu saat berbuka puasa dan sahur.

Momen ramadan bisa kita jadikan kesempatan untuk mencoba masakan baru. Sehingga, saat makan bersama, menu masakannya bisa berganti-ganti. Hal ini tentu saja membuat anggota keluarga senang dan tidak bosan dengan menu masakan yang hanya itu-itu saja.

7. Menulis

Bagi kamu yang hobi menulis. Ramadan bisa jadi momen yang tepat untuk menuangkan ide-ide yang ada di kepala.

Adanya waktu luang saat puasa bisa digunakan untuk menulis. Seperti saat selesai makan sahur sembari menungu waktu shubuh, bisa digunakan untuk menulis.

8. Berbagi atau Sedekah

Untuk berbagi atau bersedekah tidak harus menunggu kaya atau berkecukupan. Tetapi, berbagi bisa dilakukan kapan saja, sesui dengan kemampuan kita.

Sedekah selain mendapatkan pahala berlipat ganda, juga kita mendapatkan kebahagian yang tak terduga karena bisa berbagi dengan orang lain.

Dengan sedekah atau berbagi akan semakin meningkatkan kepedulian kita pada sesama. Dan, akan membuat kita lebih bersyukur terhadap hidup yang kita jalani. Bawasannya masih banyak di sekitar kita orang-orang yang nasibnya kurang beruntung.

Itu tadi 8 ide Kegiatan Positif saat Puasa Ramadan. Kalau sahabat puspa bagaimana? Adakah mempunyai ide kegiatan yang lain? Yang biasa dilakukan saat puasa Ramadan.



Posting Komentar untuk "8 Ide Kegiatan Positif saat Puasa Ramadan"