Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Acara Televisi yang Selalu Ada Saat Ramadan. Apa favoritmu?

Acara Televisi favorit saat ramadan


6 Acara Televisi yang selalu ada Saat Ramadan. Adakah favoritmu? Ramadan adalah bulan spesial. Bulan yang kedatangannya ditunggu-tunggu oleh umat islam. Karena spesial, maka banyak hal juga menjadi spesial. Mulai dari aktivitas, makanan, bahkan acara televisi pun juga spesial. 

Berbagai acara televisi bertema Ramadan mewarnai layar televisi sepanjang hari. Acara tersebut selain menghibur, juga mengandung nilai-nilai edukatif serta keagamaan. Mulai dari tausiah, festival, sinetron siap menemani kita saat puasa.

Dengan adanya acara televisi yang menarik selama Ramadan, tentu sangat berguna bagi kita. Karena waktu menjalani puasa menjadi tidak terasa sebab banyak acara tekevisi yang bisa kita tonton.


6 Acara Televisi yang selalu ada Saat Ramadan 

1. Kultum

Kultum atau kuliah tujuh menit yaitu sebuah acara tausiah yang diadakan 7 menit menjelang buka puasa atau adzan Maghrib. Setiap Ramadan, acara ini selalu ada. Kultum tersebut disampaikan oleh ustadz atau ustadzah yang benar-benar paham masalah agama, berisi tentang pesan-pesan keagamaan berdasarkan Al-Quran dan Al-Hadist.

Salah satu pengisi kultum di awal tahun 2000 an yaitu Alm. K.H Zainuddin MZ atau lebih dikenal dengan sebutan kyai sejuta umat. Isi tausiyahnya segar sekaligus mendidik, sehingga banyak yang menanti kehadiran ustadz tersebut. Selain beliau masih banyak ustadz lain yang mempunyai ilmu dan keahlian dalam beragama.

Acara Televisi Favorit saat ramadan


2. Acara sahur

Pada bulan-bulan biasa atau bukan Ramadan, acara televisi pada jam 3 pagi biasanya diisi dengan acara sepak bola dari luar negeri. Bahkan berhenti siaran untuk beberapa jam Karena, pada jam-jam tersebut jam orang tidur dan jarang orang yang terjaga. 

Sementara saat Ramadhan, pada jam tersebut umat islam sedang menikmati hidangan sahur. Sehingga acara televisi pun berganti untuk menemani umat islam menyantap hidangan sahur.

Acara televisi saat sahur pun juga beragam, ada tausiah kehidupan umat islam, musik religi, juga ada kuis Ramadan. Kemeriahan acara televisi tersebut bertujuan supaya orang yang menonton juga ikut semangat untuk bangun dan menikmati sahur.


3. Sinetron Islami

Sinetron merupakan tayangan yang disukai oleh ibu-ibu. Di luar bulan puasa tema sinetron biasanya tentang kehidupan sehari-hari. Namun, saat Ramadan, tema sinetron berganti tema menjadi islami, yang mengandung banyak hikmah. Salah satu sinetron islami yang terkenal adalah Para Pencari Tuhan.

Sinetron islami ini biasanya akan tayang selama Ramadan dan akan berakhir beberapa hari setelah lebaran. Meskipun hanya sekedar sinetron, tetapi banyak hikmah yang bisa kita ambil dari acara tersebut. 


4. Kompetisi islami

Di luar bulan Ramadan, banyak acara lomba atau kompetisi di televisi seperti kompetisi menyanyi, ajang pencarian bakat atau acara-acara perlombaan lainnya. Saat Ramadan tiba, kompetisi yang diadakan televisi pun juga berubah menjadi kompetisi islami.

Kompetisi yang diadakan saat Ramadan seperti lomba seni membaca dan menghafal Al Quran yang biasa disebut Qiraah. Lomba dahwah, serta kompetisi islami lainnya. Hal ini membuat Ramadan terasa semakin semarak dan lengkap, karena telah tumbuh generasi-generasi baru yang menguasai ilmu keagamaan.


5. Ulasan Agama Islam 

Menunggu saat berbuka puasa bersama sambil menonton acara televisi tentu sangat menyenangkan. Apalagi acaranya tentang pengetahuan agama islam. Kita akan dapat dua keuntungan yaitu kebersamaan dengan keluarga dan bertambahnya ilmu baru tentang keagamaan.

Selama bulan Ramadan biasanya memang ditayangkan tentang ulasan agama islam. Waktunya menjelang buka puasa. Ulasan islam biasanya mengulas tentang hukum dan sejarah islam. Terkadang juga berisi tentang tausiah-tausiah singkat. Sehingga Ramadan menjadi lebih berarti dan bermakna.


6. Acara memasak 

Meskipun sedang bulan Ramadan dan para peserta acara memasak juga sedang puasa, tetapi acara memasak di televisi  tetap ada. Hal ini bertujuan sebagai sumber inspirasi dalam menyajikan menu berbuka dan sahur.

Acara memasak cukup diminati saat Ramadan karena banyak ibu-ibu yang kadang bingung saat hendak memasak. Apalagi saat ramadan, tentunya ibu-ibu ingin menyajikan hidangan yang lezat dan disukai oleh seluruh anggota keluarga.


6 Acara televisi yang selalu ada Saat Ramadan di atas, memang hanya ada di bulan puasa. Sah satu diantaranya adakah yang menjadi favorit teman-teman. 



Posting Komentar untuk "6 Acara Televisi yang Selalu Ada Saat Ramadan. Apa favoritmu? "