Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teruslah Memperbaiki Diri saat Jodoh Belum Datang Menghampiri

teruslah memperbaiki diri


Hai sahabat puspa,

Teruslah Memperbaiki Diri saat Jodoh Belum Datang Menghampiri. Rejeki, jodoh dan usia itu sudah ketetapan Allah. Tinggal kita umat manusia untuk berusaha dan berdoa.

Saat usia semakin bertambah dan teman-teman sebaya sudah menikah bahkan dikaruniai keturunan. Sementara kita masih saja sendiri. Tentu timbul pertanyaan, kapan jodoh saya akan datang?

Belum lagi pertanyaan dari orang-orang sekitar seolah semakin menyudutkan kita. Seperti, makanya, jangan terlalu memilih, bisa jauh dari jodoh. Sudah sekian lama tidak bertemu, kamu masih betah sendirian saja. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu memang sering terdengar dan biasa disampaikan kepada orang yang masih single. Tidak perlu malu apalagi emosi menghadapi pertanyaan seperti itu. Cukup senyumin saja dan minta doa dari mereka supaya kita segera bertemu dengan belahan jiwa.

Sahabat puspa

Jodoh itu ketetapan Allah

Semenjak dalam kandungan rejeki, jodoh dan maut kita sudah tertulis di Lauh Mahfudz. Dan itu merupakan rahasia Allah. Sebagai manusia kita tidak diperintahkan untuk memikirkan takdir tersebut, kita hanya diperintahkan berusaha supaya apa yang sudah tertulis dimudahkan.

Hal ini sesuai dengan sabda Nab Muhammadi shallallahu 'alaihi wa sallam,"Beramallah, masing-masing akan dimudahkan melakukan apa yang telah tertulis baginya." (Riwayat Muslim)


Kenapa Jodoh kita belum datang?

Berhubung jodoh itu rahasia dan kita tidak tahu kapan dan darimana datangnya. Namun, jodoh yang belum datang tersebut bisa jadi penyebabnya berasal dari kita yang belum siap untuk menerima orang lain dalam kehidupan kita. Bisa jadi jodoh kita memang masih berada di tempat yang jauh. Namun, yakinlah setiap manusia mempunyai jodoh masing-masing.

Dalam Al Qur'an Allah berfirman," Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki tidak baik, dan laki-laki tidak baik adalah untuk wanita yang tidakSembari menunggu jodoh, hendaklah memantaskan diri menjadi lebih baik lagi. Yakni terus berusaha untuk menjalankan semua aturan Allah, tunduk dan taat pada Allah, mengkaji Islam serta mendakwahkan Islam.ula." (QS. an-Nur:26)


Memperbaiki diri saat jodoh belum datang menghampiri

Sahabat puspa, ada sebuah perumpamaan bahwa jodoh itu cerminan dari kita. Maka, saat jodoh belum juga datang, bersabarlah. Karena jodoh kita akan datang di waktu yang tepat di saat kita memang sudah siap. Yang perlu kita lakukan adalah memperbaiki diri sendiri. Misalkan kita menginginkan jodoh yang soleh. Maka, sholehah kan diri kita dengan memperdalam ilmu agama. Sehingga, nanti jika kita bertemu dengan jodoh yang sesuai dengan kita tudak ada lagi kecanggungan dalam pemahaman ilmu agama. Karena keduanya sudah saling memahami. Teruslah berusaha dengan menjalankan semua perintah Allah, tunduk dan taat pada Allah serta menjauhi segala,larangan Allah.


Yang perlu dilakukan saat Jodoh belum datang

Menunggu memang membosankan, apalagi menunggu jodoh yang belum pasti kapan datangnya. Terlalu mengharap kepada yang belum pasti akan berujung pada kecemasan dan frustasi. Untuk itu kita perlu melakukan kegiatan lain yang me

1. Tetap beraktifitas dengan kegiatan positif

Jangan hanya menunggu, kemudian kita tidak melakukan aktifitas apa pun. Tetaplah beraktifitas seperti biasa, isi waktu luang dengan kegiatan positif. Lakukan hobi yang disukai. Bergabung dengan komunitas atau relawan akan membuat waktu kita lebih bermanfaat.

2. Koreksi diri sendiri

Mengkoreksi diri sendiri mungkin ada baiknya juga. Bisa jadi standart yang kita tentukan untuk jodoh kita terlalu tinggi. Misalnya seorang wanita yang berpenghasilan tinggi mengharapkan jodoh lelaki yang berpenghasilan diatasnya. Bisa jadi ini juga menghambat jodoh kita. Coba rubah dari penghasilan ke pemahaman agama. Mungkin bisa menjadi jalan keluar.

3. Bangun lebih pagi

Bangun lebih pagi akan membuat aura wajah kita menjadi cerah. Jadi, meskipun kita masih sendiri orang akan melihat kita sebagai pribadi yang tetap bersemangat.

4. Katakan pada diri sendiri tidak ada kata terlambat

Meskipun usia tidak lagi muda, jangan putus asa dalam berikhtiar mencari jodoh. Karena setiap manusia sudah ada jodohnya masing-masing.

5. Berdoa di waktu-waktu yang mustajab

Ada banyak keajaiban dari doa yang kita panjatkan. Kita tidak tahu doa dari siapa permohonan kita terkabul. Maka, hendaknya kita juga senantiasa berdoa di waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa. Seperti di waktu sepertiga malam.


Jadi, bagi sahabat puspa yang belum menemukan jodoh saat ini, jangan berkecil hati. Teruslah Memperbaiki Diri saat Jodoh Belum Datang. Tetap semangat untuk melangkah.






Posting Komentar untuk "Teruslah Memperbaiki Diri saat Jodoh Belum Datang Menghampiri "