Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Alasan Kenapa Ngeblog Penting untuk Wanita

kenapa ngeblog penting bagi wanita


Sahabat puspa...7 alasan kenapa Ngeblog itu penting untuk wanita. Karena banyak hal positif yang didapat dari ngeblog.

Teman-teman blogger pasti pernah mendapat pertanyaan kenapa ngeblog? Alasan yang diungkapkan tentu beragam antara satu dengan lainnya. Karena memang setiap orang memulai aktivitas ngeblog dengan berbagai alasan.

Kenapa ngeblog? Saya pribadi memulai ngeblog karena iseng saja dulu. Iseng ingin mencoba memiliki akun di berbagai media sosial, salah satunya yaitu blog gratisan miliknya google. Karena iseng, jadinya ya begitu jarang nengok, posting kalau ada mood atau sedang ingin mengikuti perlombaan. Ibarat rumah, begitu selesai dibangun, sudah berdiri ya sudah, tidak berniat untuk dipoles sedikit pun. Jadi, rumahnya kotor dan rusak. Hal ini menyebabkan orang enggan untuk berkunjung.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang ngeblog, perlu dipahami dahulu apa itu blog, ngeblog dan blogger.


Arti blog menurut wikipedia

Blog berasal dari kata web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai postingan) pada sebuah halaman web.

Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) adalah suatu aktivitas untuk mengelola web atau blog secara berkala mulai dari membuat konten, mengatur tampilan blog, mempromosikan blog serta aktivas blogging yang lainnya.

Blogger adalah orang yang melakukan aktivitas blogging.

7 alasan kenapa ngeblog


7 Alasan kenapa ngeblog itu penting  untuk wanita

Meskipun alasan setiap blogger berbeda-beda saat ditanya alasan menulis di blog. Berikut ini ada 7 alasan umum yang biasanya teman blogger utarakan: no

1. Sarana mencurahkan isi hati

Pernah mempunyai sesuatu yang dipendam dalam hati, namun bingung bagaimana mengungkapkannya. Ingin berbagi dengan teman, takut menganggu waktunya. Ada teman yang ngganggur, tapi takut mencurahkan isi hati ke dia. Karena, takut apa yang nanti dibicarakan akan tersebar ke berbagai pihak. Bukannya mendapat solusi, melainkan akan muncul gosip baru lagi.

Kenapa tidak mencoba mengungkapkan isi hati melalui tulisan yang disimpan dalam blog. Di sana kita bisa mengeluarkan apa yang tersimpan dalam hati, tanpa takut mengganggu aktifitas orang lain, juga terjamin kerahasiannya. Jika, tulisan tersebut bersifat pribadi, tidak perlu dipublish, cukup disimpan dalam draf saja. Tetapi, jika tulisannya bermanfaat bagi orang lain, kita tinggal menerbitkan tulisan tersebut.


2. Sarana Menyampaikan informasi

Blog bisa digunakan untuk berbagai keperluuan. Salah satunya sebagai media informasi. Misalnya saja kita mempunyai hobi memasak dan mempunyai beberapa resep andalan yang rasanya lezat. Hal tersebut bisa dibagikan melalui tulisan di blog. Jika, ada teman yang bertanya tentang resep yang digunakan, kita tidak perlu menjelaskan kembali. Cukup bilang saja, "Silahkan baca resepnya di blog....". Mudah kan?

Begitu juga bagi mereka yang suka jalan-jalan, bisa berbagi informasi tentang tempat pariwisata yang indah, tempat makan yang enak, hotel yang murah dan nyaman. Hal itu tentu saja sangat membantu teman-teman yang sedang membutuhkan informasi. Dan, itu bisa menjadi ladang pahala buat kita lho.


3. Banyak ilmu baru yang didapat dari ngeblog

Dahulu, awal mula saya ngeblog, hanya sekedar menulis yang ada di kepala saja. Bagi saya waktu itu, tulisan yang saya buat sudah sesuai aturan menulis. Setelah menulis, beri gambar sekedarnya saja, kemudian publish. Baru menengok kembali tulisan tersebut, jika ada yang berkomentar.

Seiring waktu yang berjalan, saya mulai bergabung dengan berbagai group kepenulisan. Di sanalah saya bertemu dengan teman-teman penulis, baik yang blogger maupun penulis fiksi. Saat ada event ataupun acara, mulai memberanikan  diri mendaftarkan diri untuk bergabung. Dari grup dan teman penulis lain, saya belajar banyak hal, tentang dunia kepenulisan. Salah satunya tentang blog.

Dengan semakin banyaknya mempunyai teman blogger, membuat saya mempunyai banyak ilmu tentang blog. Dan, ternyata blog yang saya miliki selama ini masih sangat sederhana apabila dibandingkan dengan blog teman lainnya. Dari sanalah, saya mulai berniat untuk memperbaiki blog saya supaya lebih baik.

Dulu, saya sering bertanya-tanya sendiri, bagaimana ya suatu blog itu bisa didatangi oleh banyak pengunjung. Setelah mempelajari ilmu tentang blog, saya baru menyadari bahwa di balik sebuah postingan di blog itu terdapat perjuangan keras dari penulis. Mulai dari menulis artikel, mengeditnya sebelum diposting, menambah gambar visualisasi untuk mendukung tulisan, mengoptimasi artikel yang sudah diposting supaya bisa masuk page one mesin pencari dan usaha lainnya.

Selain itu, untuk menulis sebuah arikel yang baik dibutuhkan referensi dari sumber yang terpercaya. Untuk mendapatkan referensi tersebut, kita harus banyak membaca. Dari apa yang kita baca tersebut, secara tidak langsung ilmu pengetahuan kita juga bertambah.


4. Meningkatkan skill menulis

Menulis itu sebuah ketrampilan. Tidak perduli orang itu lulusan perguruan tinggi atau bukan. Semua orang bisa menulis.

Karena merupakan sebuah ketrampilan, maka untuk menghasilkan sebuah tulisan yang baik tidak bisa secara instan, sim salabim menjadi tulisan yang bagus. Untuk membuat tulisan yang bermutu dibutuhkan waktu yang panjang. Dan, itu butuh latihan secara berulang-ulang. Sebagai salah satu wadah untuk melatih skill menulis adalah dengan cara menulis di blog.

Dengan semakin sering kita membuat tulisan di blog, semakin lama tulisan yang kita hasilkan juga akan semakin berkembang.


5. Merekam sejarah 

"Orang boleh pandai setinggi langit, tetapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah."(Pramoedya AT)

Ya, menulis adalah suatu bentuk menulis sejarah tentang diri kita sendiri. Di masa depan saat kita sudah tidak ada di dunia ini. Orang-orang masih bisa mengenali kita melalui tulisan yang kita. Apalagi, jika kita bisa menerbitkan sebuah buku, maka nama kita akan tercatat di perpustakaan Indonesia melalui nomer ISBN (Internasional Standart Book Number).

6. Personal Branding

Pertama kali seseorang yang dilihat adalah penampilan luarnya. Kemudian berlanjut dengan perkenalan tentang siapa dia sesungguhnya.  Hal inilah yang akan membentuk branding atau seseorang.

(Menurut wikipedia) Personal Branding berarti presepsi atau kesan individu yang dikenal luas dan sebagian besar berdasarkan pengalaman, keahlian, kompetisi, tindakan dan/atau pencapaian mereka dalam komunitas, idustri atau pasar pada umumnya.

Pada dasarnya setiap orang mempunyai personal branding atau merek sendiri. Arti personal branding secara sederhana adalah suatu kegiatan untuk mempromosikan diri sendiri kepada orang lain, baik untuk kepentingan pribadi maupun masyarakat.

Di era digital saat ini, untuk mempromosikan diri tidak perlu harus menemui langsung seseorang atau kelompok tertentu. Tetapi, personal branding bisa dilakukan melalui berbagai media sosial. Salah satunya media blog. Jangkauan promosi pun bisa lebih luas. Karena, bisa tersebar ke seluruh dunia.


7. Sumber penghasilan

Ini yang paling ditunggu oleh para blogger. Yups, blog bisa menjadi sumber penghasilan. Bagi sebagian wanita yang tidak bisa bekerja ke luar rumah. Karena,  berbagai alasan. Bisa memilih profesi blogger sebagai pekerjaan. 

Supaya blog bisa menghasilkan uang tentunya dibutuhkan kerja keras, supaya blog kita menjadi sebuah website yang dipercaya oleh google sebagai website yang baik.

Sumber-sumber penghasilan blog bisa dari adsense, blog placement, menang perlombaan serta sumber penghasilan lainnya. Bukankah suatu yang menyenangkan bagi wanita. Meskipun di rumah, tetapi masih bisa menghasilkan uang.


Nah, itu tadi 7 alasan kenapa ngeblog itu penting bagi wanita. Karena, banyak sekali manfaat yang didapatkan dari blog. Bukankah suatu hal yang menyenangkan, jika kita menghasilkan uang dari pekerjaan yang kita sukai.







Posting Komentar untuk "7 Alasan Kenapa Ngeblog Penting untuk Wanita"