Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teman Berubah Sikap? Ikuti Tips ini Biar Hidup Tenang

Teman Berubah Sikap? Ikuti Tips ini Biar Hidup Tenang

Teman Berubah Sikap? Ikuti Tips ini Biar Hidup Tenang - Ada perumpamaan bahwa teman adalah saudara tanpa ikatan darah. Itu karena pertemanan yang sudah akrab layaknya saudara. Hampir semua aktifitas di lakukan bersama, mulai dari belajar, hang out sampai urusan pribadi, teman akrab pasti tahu.

Seiring waktu berjalan, jalinan pertemanan pun mulai berkembang untuk mencapai tujuan masing-masing. Waktu untuk hang out  atau sekedar ngobrol dengan teman pun mulai berkurang karena kesibukan masing-masing. Bahkan tak jarang tidak saling berkomunikasi dalam kurun waktu yang lama.

Hal tersebut sebenarnya hal yang biasa, apalagi ketika masing-masing pribadi sudah memiliki keluarga, tentu waktu mereka akan lebih banyak dihabiskan dengan keluarga. Tetapi ada kalanya jarangnya berkomunikasi tersebut disebabkan adanya perubahan sikap atau bisa dikatakan karena sengaja menjauh dengan berbagai alasan.

Bagaimana perasaan kamu seandainya bertemu seorang teman yang dulu layaknya saudara, tetapi saat berjumpa kembali, sikapnya berubah? Apa yang akan kamu lakukan? Yuk, Ikuti tips di bawah supaya kamu tetap tenang menghadapi perubahan sikap sahabatmu.

Tips Menghadapi Teman yang Berubah Sikap

1. Tetap berpikir positif

Saat bertemu teman dan sikapnya berubah, yang dulunya akrab berubah menjadi cuek anggap saja saat itu, m dia sedang punya masalah dengan pasangan atau pun keluarganya.

Dengan kita berpikir positif seperti itu tidak akan membebani mental kita dengan perubahan sikap teman tersebut.

2. Bersikap seperti biasa

Bersikap seperti biasa, pura-pura kita tidak merasakan perubahan sikap teman tersebut. Hal ini untuk mengetahui apa sebetulnya penyebab dia berubah sikap.

Kalau teman kita tersebut berubah sikap bukan dengan kita, pasti lama kelamaan sikapnya akan kembali membaik. Tetapi, jika perubahan sikapnya itu memang disebabkan oleh kita, pastinya dia tetap acuh tak acuh dengan kita.

3. Ingat kapan Teman itu mulai berubah sikap

Tips ini berlaku bagi yang masih intens bertemu dengan teman yang berubah sikap tersebut. Misalnya tetangga satu kampung, teman sekolah atau kantor. Karena dengan seringnya bertemu, kita tentu akan lebih tahu kapan dia berubah sikap.

Dengan kita mengetahui mulai kapan si teman berubah sikap, maka kita akan lebih mudah mengira-ngira penyebab perubahan tersebut. Kalau persahabatan antar perempuan biasanya ada orang ketiga yang saling mengadu. Sementara untuk pertemanan antar lelaki lebih simple penyelesaiannya. Biasanya sih tinggal tonjok saja atau tinggalkan teman tersebut daripada menjadi beban.

Sementara yang lebih rumit penyelesaian pertemanan antar lelaki dan perempuan. Karena ada permainan perasaan di dalamnya. Cara penyelesaian ini sesuai untuk yang belum menikah ya. Sementara  bagi yang sudah menikah, mungkin lebih simple lagi. Tinggal bilang gini, "Terserah kamu mau berubah sikap atau tidak bukan urusanku. Yang penting keluargaku aman-aman saja.

4. Datang dan Tanya dengan baik-baik 

Jika kamu merasa terganggu dengan perubahan sikap sahabat kita. Ada baiknya kamu mendatangi dan menanyakan langsung tentang perubahan sikapnya tersebut dengan baik-baik. Hal ini untuk menghindari salah paham yang mungkin timbul tanpa kita sadari.

Untuk menanyakan tentang perubahan sikapnya tersebut tentu tidak di sembarang tempat apalagi di tempat umum. Sebaiknya sebelumnya ajak teman tersebut untuk janji ketemu di suatu tempat. Jika dia tidak merespon, kita juga bisa mendatangi rumah sahabat tersebut.

Saat bertemu, ungkapan segala keresahan yang ada di hati tentang perubahan sikapnya. Jangan lupa meminta maaf terlebih dahulu sebelum bertanya tentang perubahan sikapnya.

Hati-hati saat memilih perkataan, karena hubungan yang sudah tidak baik, saat salah bicara akan bertambah lebih buruk. Hindari perkataan yang menghakimi, karena akan memperburuk keadaan.

5. Bersikap Dewasa

Perubahan sikap seseorang memang bisa terjadi sewaktu-waktu tanpa kita tahu, terkadang penyebabnya pun kita tidak tahu. Saat menghadapi perubahan sikap teman tersebut kita harus mampu bersikap dewasa baik dalam berbicara maupun bertindak supaya tidak salah langkah. Sehingga saat bertemu akan terjawab akar dari permasalahan.

6. Menerima perubahan sebagai hal yang biasa 

Ingat perubahan sikap bisa terjadi pada siapa saja, pada teman, saudara bahkan pasangan. Jadi, jika yang berubah sikap itu teman kita Nora bene adalah orang lain. Tentu sikap kita pun tidak perlu terlalu resah saat dia berubah sikap. Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga.

Hakekat kita berteman dengan orang lain tentun untuk kebaikan. Namun, jika orang lain berubah sikap tanpa kita merasa berbuat salah, tentu kita pun tidak perlu terlalu pusing memikirkannya. 

7. Ambil Hikmahnya

Setiap perbuatan pasti akan menimbulkan hikmah tersendiri bagi kita pribadi dan orang lain. Jika memang persahabatan sudah tidak mengarah kepada kebaikan ada baiknya kita melepaskannya. Karena sahabat yang baik tentu akan ada saat kita suka maupun bersedih. 

Itu tadi tips saat menghadapi teman yang berubah sikap. Akan ada orang lain yang bersedia menjadi sahabat kita. Yakinlah masih banyak orang baik yang akan menemani kita.







Posting Komentar untuk "Teman Berubah Sikap? Ikuti Tips ini Biar Hidup Tenang"