Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Warung Nasi Pecel Legendaris di Madiun yang Rasanya Istimewa

Warung Nasi Pecel Legendaris di Madiun

Tema tulisannya sebenarnya dari Indonesian Social Bloggerpreneur adalah cafe atau tempat nongkrong favorit. Berhubung dari dulu hingga saat ini bukan anak cafe. Jadi, saya akan menulis tentang makanan khas daerah saya yaitu Nasi Pecel Legendaris di Madiun. Jadi, siapa tahu ada teman-teman yang kebetulan melewati Madiun, bisa mampir di salah satu warung yang nanti dibahas.

Tentunya teman-teman sudah tahu dan pernah menikmati pecel, yaitu makanan yang terdiri dari berbagai sayuran rebus kemudian atasnya disiram dengan sambel kacang. Diberbagai daerah ada juga pecel, namun dengan sebutan lain dan tentu saja setiap daerah memiliki keunikan rasa sendiri.

Salah satu diantara banyaknya pecel di nusantara ini ada yang terkenal yaitu Pecel Madiun. Saking terkenalnya makanan ini, kota atau daerah ini pun mendapat julukan Kota Pecel karena di setiap sudut daearh ini, dari kota sampai desa banyak sekali penjual nasi pecel. Oh, ya ada yang belum tahu di mana Madiun berada? Madiun merupakan salah satu kabupaten dan kotamadya yang berada di Jawa Timur bagian barat berbatasan dengan Jawa Tengah. 

Keunikkan dari Pecel Madiun adalah dalam penggunaan sayurannya, seperti kembang turi, daun pepaya, daun ketela, kacang panjang, kecambah dan beberapa sayuran lain. Demikian juga rasa pecel Madiun lebih harum karena ada penambahan daun jeruk atau jeruk purut ke dalam sambal.

Pecel di Madiun bisa disantap setiap saat, bisa untuk sarapan, makan siang maupun malam. Bahkan saat bulan Ramadhan banyak warung yang buka pada jam makan sahur. Di antara banyaknya penjual pecel di kota ini, ada beberapa warung yang cukup legendaris karena berjualan sudah cukup lama dan tetap berkembang hingga saat ini.

8 Warung Nasi Pecel Legendaris di Madiun yang Rasanya Istimewa

1. Nasi Pecel Pojok

Warung Nasi Pojok merupakan salah satu warung pecel ledendaris, bahkan dapat dibilang sesepuhnya warung pecel. Karena tempat makan ini sudah buka sejak tahun 1967. Meskipun usianya sudah setengah abad lebih,  tetapi warung ini masih tetap eksis dan dikenal sebagai warung dengan pecel yang rasanya endeus sekali.

Ada yang penasaran kenapa dinamakan Pecel Pojok? Ini semua dikarenakan tempat makan ini terletak di pojokan  jalan HOS Cokroaminoto dengan jalan Ringin.

Tak perlu takut kemahalan, jika makan di daerah Madiun, karena makanan di sini cukup terjangkau kantong. Di warung Pecel Pojok untuk harga satu porsi nasi pecel lengkap dengan sayuran dan aneka macam lauk berkisar Rp. 20.000; Dengan harga segitu, tentu sudah mampu membuat kita kenyang, kalau pun masih lapar bisa nambah lagi, tentu penjualnya pun tidak akan keberatan.

Tepatnya warung ini berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto nomer 121, Madiun.

2. Pecel Sri Tanjung

Masih di Jalan Cokroaminoto ada Warung Nasi Pecel Sri Tanjung yang juga terkenal kelezatannya. Oh Ya, jalan Cokroaminoto ini merupakan surganya pecinta pecel. Banyak penjual pecel yang mangkal di sini. Baik yang mempunyai toko atau pun mereka yang berjualan kaki lima.

Harga Nasi Pecel Sri Tanjung juga cukup terjangkau sekitar Rp 7.000- Rp 10.000; per porsi. Kita tinggal menambahkan lauk sesuai dengan keinginan kita, seperti ayam, ati, rempela, telur goreng, tempe, tahu, empal dan lauk lainnya.

Warung Pecel ini tidak mempunyai kios jadi hanya tenda kaki lima dan mulai buka menjelang mahgrib. Meskipun baru buka sore hari, tetapi warung ini selalu ramai saat buka. Bahkan mereka yang datang dari luar kota pun banyak yang mampir ke sini.

3. Pecel Yu Gembrot

Warung ini sudah ada sebelum kemerdekaan Indonesia. Pertama warung ini dirintis oleh Sarinem yang menjual pecel keliling dari rumah ke rumah mulai tahun 1942. Kemudian keberadaan usaha pecel diteruskan oleh anaknya yang bernama Katini. Nah, Katini inilah yang dikenal dengan sebutan Yu Gembrot.

Pada awalnya Katini hanya berjualan di bawah pohon di pasar loak Kota Madiun sekitar tahun 1974. Karena keunikan rasa pecel Yu Gembrot inilah yang membuat Pecel Katini terkenal dan banyak dicari orang. Sehingga akhirnya Katini menyewa satu kios di pasar Loak untuk berjualan Pecel.

Karena cita rasa yang lezat dan mempunyai ciri khas tersendiri, warung ini masih bertahan hingga saat ini dan bahkan semakin berkembang. Kelezatan pecel Yu Gembrot pun menarik Presiden Joko Widodo untuk mencicipinya.

Lokasi warung Yu Gembrot cukup mudah ditemukan masih di area kota Madiun bagian timur yaitu di Jalan Imam Bonjol, Madiun. Buka mulai pagi hingga malam hari.

5. Pecel 99

Nasi Pecel Legendaris di Madiun
Pecel 99/foto: Instagram @fyulinanto

Kalau Presiden Joko Widodo menyukai pecel Yu Gembrot, berbeda dengan mantan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono atau biasa dipanggil SBY lebih menyukai Nasi Pecel 99.

Warung pecel ini dirintis oleh Karyono dan Herimurti sejak tahun 1987. Semenjak buka hingga saat ini, warung ini tetap menjaga konsisitensi rasa sambalnya. Hal ini membuat pengunjung warung ini selalu ramai setiap harinya.

Dinamakan Warung Pecel 99 karena dahulu terletak di jalan HOS Cokroaminoto nomer 99. Jadi, supaya orang lebih mudah mengingat dinamakanlah warung ini dengan Pecel 99.

Harga pecel disini juga cukup terjangkau sekitar Rp 10.000; Kita tinggal menambahkan aneka macam lauk yang bisa kita pilih sesuai selera seperti empal sapi, sate usus, sundukan, telur dan lauk lainnya. Tempat makan ini buka mulai pagi hingga malam hari.

5. Pecel Bu Wir Kabul

Pecel Bu Wir Kabul juga terletak di jalan HOS Cokroaminoto nomer 115,  dan merupakan salah satu pecel legendaris di Madiun.

Yang menjadi ciri khas warung pecel ini adalah rasa sambelnya yang lebih pedas dan gurih. Sehingga bagi yang ingin makan pecel dengan cita rasa pedas bisa datang ke warung ini.

Jam buka warung ini mulai jam 8 pagi sampai 11 malam karena warung pecel ini mempunyai kios sendiri.

6. Pecel Bu Mandung

Pecel Bu Mandung juga salah satu warung pecel yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto nomer 110, Madiun. Jalan ini memang surganya pecel, kiri dan kanan jalan banyak penjual pecel yang memiliki ciri khas tersendiri. 

Keunikkan warung pecel ini adalah penggunaan kangkung rebus, kacang panjang, tauge hingga kembang turi. Komposisi inilah yang membuat warung ini senantiasa ramai pengunjung.

Warung ini buka mulai pukul 18.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB. Jadi buat kalian yang tengah malam merasa lapar saat di Madiun, bisa mengunjungi warung pecel ini.

Harga pecel disini juga cukup terjangkau sekitar Rp. 15.000; per porsinya. Dan, tentu saja kita bisa menambah dengan aneka lauk lainnya.

7. Pecel Mbak Lina

Warung pecelnya legendaris lainnya ada di Alun-alun utara Madiun atau selatannya pendapa kabupaten Madiun, yaitu Nasi Pecel Mbak Lina.

Pecel Mbak Lina juga tidak memiliki bangunan permanen seperti halnya warung Sri Tanjung. Tempat jualannya lesehan saja. Jadi, jam bukanya juga sore hari sampai tengah malam. 

Meskipun hanya buka mulai sore hari, pecel Mbak Lina sudah mulai antri semenjak tempat makan ini mulai dibuka.

Seperti tempat pecel lainnya, di sini juga ada berbagai macam lauk yang bisa dinikmati seperti empal, ayam goreng, telur, tahu, tempe dan lauk lainnya.

Asyiknya kalau makan di sini itu, kita bisa menikmati wisata kuliner yang enak sekaligus menikmati keramaian Alun-alun. Apalagi kalau malam minggu, tempat ini selalu dipenuhi banyak orang.

8. Pecel Mirasa Bu Wo

Pecel Mirasa Bu Wo terletak di samping terminal Lama Madiun (saat ini telah berubah menjadi Mall Carrefour). Tepatnya di jalan S. Parman.

Bu Wo mulai merintis usaha dengan berjualan pecel secara keliling dari satu rumah ke rumah lain. Semakin lama semakin banyak yang suka dengan pecel buatannya. Sehingga, Bu Wo memilih berjualan menetap dengan membuka warung pecel. Oh ya warung pecel Bu Wo buka 24 jam. Jadi, bisa disambangi setiap saat, baik pagi, siang maupun tengah malam.

Penyajian nasi pecel pun menggunakan pincuk daun pisang, sehingga kesan ndesa nya terasa sekali. Seperti penyajian pecel lainnya, di mana paling bawah nasi, kemudian di atasnya diberi aneka rebusan sayuran, seperti touge, krai(sejenis mentimun), kembang turi serta sayuran lainnya. Kemudian atasnya disiram dengan sambel pecel dan diberi rempeyek atau lempeng ( kerupuk dari nasi).

Nah, itu tadi 8 warung pecel legendaris di Madiun yang rasanya istimewa. Selain yang disebutkan di atas, masih banyak penjual nasi pecel lain yang ada di Madiun. Oh.. selain nasi pecel di warung-warung tersebut juga tersedia berbagai jenis minuman. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Posting Komentar untuk "8 Warung Nasi Pecel Legendaris di Madiun yang Rasanya Istimewa"