Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Self Talk Bukan Gila, Tapi Bermanfaat untuk Mental

Self Talk Bukan Gila, Tapi Bermanfaat untuk Mental

Hai teman-teman, tentu kita pernah yang, berbicara dengan diri sendiri saat mengalami sesuatu. Misalnya kesal karena kita kalah dalam perlombaan. Kemudia kita ngomong ke diri kita sendiri, kenapa kok aku bisa kalah ya. Tenang saja itu hal yang wajar, karena Bicara terhadap diri sendiri atau self talk bukan gila, tapi bermanfaat untuk mental.

Meskipun self talk bermanfaat untuk mental kita, tetapi dalam penerapannya kita boleh sembarangan. Misalnya saja, saat berbelanja di pasar, karena kesal dengan salah satu orang, saat berbelanja kita bicara sendiri sambil mengitari pasar. Cara tersebut tentu tidak benar dan benar saja kalau orang lain akan mencap kita tidak beres.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang self talk, ada baiknya kita ketahui aps arti self talk atau bicara terhadap diri sendiri itu apa.

Arti Self Talk

Self Talk adalah kegiatan monolog yang menggabungkan pikiran sadar, keyakinandan pikiran bawah sadar.

Pendapat Ikhsan Bella Persada M.Psi mengatakan, "Melakukan self talk dapat membantu kita sehat secara mental dan membantu untuk berfikir lebih positif. Jika, sebelumnya terdapat hal-hal yang kita cemaskan atau membuat stress, berdialog dengan diri sendiri bisa membantu menguranginya."

Tidak semua self talk bermanfaat untuk kepribadian dan mental kita. Karena self talk ada jenis yaitu positive dan negatif. Dan, yang bermanfaat bagi mental kita adalah positive self talk. Sementara yang negative justru akan membahayakan diri kita. Jadi, kita harus mampu membedakan mana yang positive dsn negatif biar bisa mengambil manfaat dari self talk.

Jika positive self talk bisa diterapkan setiap hari akan membantu kita menambah rasa percaya diri. Selain itu juga akan bermanfaat bagi kesehatan mental kita.

Baca juga : 6 Cara Meningkatkan Communication Skills dengan Cepat

Manfaat  Positive Self Talk

1. Menyalurkan Emosi yang terpendam

Saat kita kesal atau sedang marah terkadang kita berteriak atau menggerutu sendiri. Misalnya saat sudah capek dengan pekerjaan rumah tetapi masih saja belum rapi. Dengan kita menggerutu merupakan salah satu cata melepaskan amarah kita, dari pada marah kepada orang lain mending marah pada diri sendiri. 

2. Meningkatkan Motivasi

Misalkan saja kita akan mengikuti ujian wawancara pekerjaan. Cobalah sebelum mengikuti ujian berbicara pada diri sendiri, yakinlah diri sendiri bahwa aku bisa, aku akan lolos. 

Dengan kata-kata yang terucap untuk diri sendiri tersebut akan membuat diri kita menjadi lebih tenang dan termotivasi untuk mengikuti wawancara.

3. Menjadi lebih fokus

Saat seseorang memberitahu kita kemudian kita mengulanginya. Hal itu bisa membuat kita lebih fokus.

Misalnya kita bertanya tentang alamat seseorang. Kemudian orang yang kita tanya menjelaskan ke arah mana saja dan kita mengikuti apa yang orang tersebut ucapkan. Hal ini akan membuat kita lebih mengingat daripada hanya mendengarkan saja.

4. Mengurangi Strees 

Apa sih yang kita lakukan saat sedang menghadapi banyak masalah atau tekanan hidup? Menangis, berteriak atau diam memendamnya dalam hati saja.

Untuk mengurangi stress, coba lakukan self talk, misalnya saat sedang deadline pekerjaaan, sementara pekerjaan masih menumpuk. Coba ucapakan pada diri sendiri, "Ayo semangat, fokus sebentar dan semua akan selesai." Dengan kata-kata sederhana terhadap diri sendiri tersebut akan memberi kekuatan pada diri kita.

5. Pekerjaan menjadi lebih teratur

Tentu kita pernah atau sering ya berkata dalam hati setelah mengerjakan ini, aku mau melakukan itu. Bahkan, dalam kondisi banyak pekerjaan dengan waktu yang mepet, saya biasanya mengatakan ini jam segini saya harus selesai pekerjaan ini, jam segini harus selesai itu.

Dengan mengatakan hal-hal di atas tanpa terasa kita telah mengatur jadwal pekerjaan kita. Dan, ini bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Supaya positive self talk benar-benar memberi manfaat untuk mental, kita perlu mengetahui cara yang tepat tentang self talk

Cara melakukan Positive Self Talk

Sepertinya terlihat mudah aktivitas ini hanya perlu berbicara terhadap diri sendiri, tetapi hal ini tidak begitu ssja terbentuk. Aktifitas ini perlu dilatih, sehingga membentuk suatu kebiasaan. Setelah terbentuk kebiasaan maka akan tumbuh pikiran untuk menjadi lebih baik.

1. Pikirkan hal-hal positif 

Pikirkan kata-kata positif pada diri sendiri terkait masalah yang dihadapi. Misalnya hari ini gagal membuat kue karena gosong. Coba ucapkan pada diri sendiri, "Tidak apa-apa hari ini gagal, pasti esok kalau mencoba lagi pasti berhasi."

Kata-kata positif yang terucap itu mampu menyemangati diri sendiri untuk tidak mudah menyerah.

2. Jauhkan segala pkiran negatif

Pikiran negatif dsn positif selalu datang bersamaan. Usahakan menghilangkan pikiran negatif dari diri kita.

Misalnya, "Aku tidak pintar dan selalu membuat malu keluarga." Coba hilangkan pikiran tersebut dan ganti dengan kata-kata positive, "Setiap orang mempunyai kelebihan sendiri-sendiri, aku mungkin tidak pintar, tapi aku lebih unggul di bidang ini.

3. Berkumpul dengan orang yang berpikiran positif

Lingkungan besar sekali pengaruhnya dalam hidup kita. Karena itu pilih lingkungan yang selalu mengajak kita ke arah yang positif. Jauhi lingkungan yang mengarah ke arah negatif.

Nah itu tadi sedikit tulisan tentang Self Talk Bukan Gila, Tapi Bermanfaat untuk Mental. Jika, teman-teman belum terbiasa melakukan Positive Self Talk, coba lakukan mulai sekarang dan rasakan manfaat setelahnya.

Posting Komentar untuk "Self Talk Bukan Gila, Tapi Bermanfaat untuk Mental"