Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau dengan Metode 5-30-7

Cara membuat bubur kacang hijau


Hai...sahabat puspa. Tentu pernah makan bubur kacang hijau, bukan? Pernah tidak tertarik untuk mengetahui cara membuat bubur kacang hijau

Seperti yang kita ketahui bubur kacang ijo merupakan makanan  berkuah manis yang terasa gurih. Merupakan salah satu jajanan tradisional di Indonesia. Jajanan ini enak dinikmati saat dingin maupun panas. Juga bisa dijadikan hidangan penutup maupun camilan.

Untuk menghasilkan bubur kacang hijau yang enak, bisa dilakukan dengan beberapa cara. Tetapi, saat ini saya akan menulis tentang cara membuat bubur kacang hijau dengan metode 5-30-7. Cara ini cukup mudah. Asalkan mengikuti langkah-langkahnya, bisa dipastikan semua orang bisa membuatnya. Penasaran, baca terus sampai bawah ya!


Mengenal metode 5-30-7

Metode 5-30-7 adalah metode memasak dengan sistem rebus mendidih 5 menit, matikan api, diamkan 30 menit jangan buka tutup panci. Kemudian rebus kembali 7 menit.

Metode ini berguna untuk merebus bahan-bahan yang membutuhkan waktu lama dalam proses pengempukan. Seperti daging, kacang-kacangan, lontong dan bahan lainnya. Dengan menerapkan metode ini, kita bisa menghemat gas. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua bahan bisa diterapkan dengan metode ini.


Bahan yang dibutuhkan:

  1. 100 gram kacang hijau, cuci bersih
  2. 50 gram gula merah atau sesuai selera
  3. Satu lembar daun pandan
  4. Sedikit garam
  5. Sedikit jahe memarkan
  6. Tambahkan gula pasir jika suka
  7. Sedikit vanilla bubuk atau perisa vanilla
  8. 100 ml santan, kurangi atau tambahi sesuai selera
  9. 600 ml air untuk merebus
Banyak sedikitnya bahan disesuaikan dengan berapa mamgkok bubur yang ingin dibuat. 100 gram kacang hijau bisa untuk 2 mangkuk tanggung bubur. Ini saya menggunakan sedikit gula dan santan. Tanpa menambahkan gula pasir.


Cara membuat bubur kacang hijau

  1. Rendam kacang hijau kurang lebih satu jam, lebih lama lebih baik.
  2. Cuci bersih dan tiriskan kacang hijau
  3. Masak air hingga mendidik lalu masukkan kacang hijau yang sudah direndam tadi.
  4. Tambahkan daun pandan dan jahe yang sudah digeprek.
  5. Rebus selama 5 menit.
  6. Matikan api. Diamkan selama 30 menit dengan panci masih tertutup.
  7. Nyalakan api. Rebus kembali selama 7 menit.
  8. Tambahkan gula, garam dan santan setelah kacang hijau empuk.
  9. Rebus sampai gula larut dan bubur mendidih lagi.
  10. Matikan api. Dan, bubur siap untuk disajikan.


Tips menghasilkan bubur kacang hijau yang enak 


Untuk menghasilkan bubur kacang hijau yang enak dan gurih perlu memperhatikan tips-tips berikut ini.
  1. Pilih kacang hijau yang bermutu baik ditandai dengan kacang yang masih Utah, berwarna hijau bersih dan tidak berbau apek.
  2. Sebelum dimasak, kacang hijau direndam minimal satu jam. Lebih lama lebih baik. Karena, saat direndam, kacang busuk atau rusak akan mengambang dipermukaan air. Sehingga akan mempermudah kita memisahkan kacang yang rusak tersebut.
  3. Tambahkan gula ketika kacang hijau sudah benar-benar empuk. Menambahkan gula sebelum kacang empuk akan membuat kacang keras dan tidak bisa empuk.
  4. Saat merebus kacang hijau gunakan api sedang. Hindari penggunaan api terlalu kecil atau terlalu besar. Pastikan kompor dalam keadaan stabil dan tidak goyang-goyang. Karena, jika kompor tidak stabil akan mengubah tekstur bubur.
  5. Tambahkan santan terakhir kali ketika kacang hijau sudah empuk. Bisa ditambahkan bersama gula.

Variasi bubur Kacang Hijau


Supaya lebih bervariasi, bubur kacang hijau biasanya juga bisa dimasak dengan bahan lainnya. Tentu saja penambahan bahan ini akan membuat bubur kacang hijau semakin enak dan lezat. 

Berikut ini beberapa variasi bubur kacang hijau:

1. Bubur kacang hijau ketan hitam. 
Masak bubur kacang seperti biasanya. Kemudian ketan hitam dimasak sendiri. Setelah matang ambil semangkok bubur kacang kemudian tambahkan sesendok ketan hitam.

2. Bubur kacang dengan ketela rambat
Ketela rambat sangat cepat dalam proses pengempukkannya. Karena itu, tambahkan ketela yang sudah dipotong kecil-kecil ke bubur setelah didiamkan selama 30 menit.dan akan direbus lagi.

4. Bubur kacang hijau dengan nangka

Bau harum nangka akan menambah kelezatan bubur. Tambahkan nangka matang yang sudah dipotong kecil-kecil saat bubur akan matang. Biarkan mendidih kemudian matikan apinya.

Selain varian diatas, bubur kacang hijau.juga bisa ditambahkan dengan jenang sum sum atau pun jenang grentol, waluh serta bahan-bahan lainnya.


Cara membuat bubur kacang hijau

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan


Sahabat puspa, saat menikmati semangkok bubur hangat, pernah tidak terpikir apa sih fungsi kacang hijau untuk tubuh kita. 

1. Sebagai antioksidan


Kacang hijau banyak mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh, seperti asam sinamat, asam felonik, flavonoid, asam caffeic dan lain sebagainya.

Antioksidan inilah yang membantu menetralkan molekul yang berbahaya, yaitu dikenal dengan radikal bebas.


2. Menurunkan kadar kolesterol jahat


Dalam 100 gram kacang hijau mengandung kadar lemak sekitar 0,1 gram. Jadi, kadar lemak kacang hijau sangat kecil. Sehingga baik untuk kesehatan.

Dengan aktioksidan fitosterol yang tinggi, kandungan lemak yang rendah dan serat yang dikandung kacang hijau membuat jenis kacang ini baik untuk dikonsumsi secara teratur. Berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.


3. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi.


Seperti yang kita ketahui bahwa kacang hijau banyak mengandung protein nabati. Protein tersebut berguna untuk  membantu membentuk otot dan juga berkhasiat bagi penderita hipertensi. Yaitu untuk menghambat kerja angiotensin converting enzyme (ACE).

ACE merupakan nama enzim yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Obat-obatan darah tinggi kebanyakan bekerja untuk menghambat fungsi enzim tersebut.


4. Menurunkan resiko serangan jantung


Penyakit jantung biasanya disebabkan adanya flek pada pembuluh darah dan kolesterol darah yang tinggi. Kabar baiknya, beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi kacang hijau bisa membantu menurunkan serangan jantung.

Hal ini karena kacang hijau mengandung antioksidan vitexin dan isovitexin yang bisa menghambat penyerapan kolesterol serta pembentukan jaringan lemak. Dan juga antioksidan juga berfungsi melindungi pembuluh darah dari kerusakkan akibat radikal bebas dan penumpukan plak.


5. Meningkatkan stamina tubuh


Kacang hijau selain mengandung banyak protein juga bisa sebagai sumber energi, karena mengandung karbohidrat kompleks. 
Karbohidrat tersebut akan membantu mengatasi rasa lelah dan bisa membuat kita lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas.


6. Membantu mengurangi risiko masalah kehamilan.


Pernah dengar seseorang yang belum mempunyai keturunan disarankan untuk mengkonsumsi touge/kecambah. Hal ini karena kacang hijau mengandung folat yang cukup tinggi. Sehingga sangat sesuai dikonsumsi oleh wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau pun sedang masa kehamilan.

Bayi dalam kandungan membutuhkan nutrisi yang seimbang, supaya bisa berkembang dengan baik. Dan, kacang hijau membantu mencukupi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan. Hal ini bisa mencegah bayi prematur, keguguran, lahir dengan kelainan saraf dan otak(neural tube defect) dan berat badan bayi rendah.



7. Menurunkan risiko terkena osteoporosis 


Selain protein dan antioksidan, kacang hijau juga mengandung magnesium dalam jumlah yang banyak. Setiap 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 97 miligram magnesium yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah kondisi kekurangan magnesium atau hipomagnesemia

Meskipun kacang hijau memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tetapi jika dikonsumsi terlalu berlebihan juga tidak baik bagi tubuh. Akibat terlalu banyak mengkonsumsi kacang hijau adalah terjadi penumpukan gas di perut yang memicu kembung. Selain itu juga akan mengganggu kinerja obat tidak bisa maksimal( jika sewaktu makan bubur juga mengkonsumsi obat-obatan.

Untuk menghindari efek samping yang ditimbukan. Maka, sebaiknya konsumsi kacang hijau sewajarnya dan secukupnya saja. Karena, apapun yang berlebihan  akan tidak baik.

Sahabat puspa...itu tadi cara membuat bubur kacang hijau dengan metode 5-30-7. Mudah bukan. Jadi, tak ada salahnya jika ada kesempatan bisa mencoba mempraktekan resep di atas.



Posting Komentar untuk "Cara Membuat Bubur Kacang Hijau dengan Metode 5-30-7"