Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Bahan Alami dengan Mudah

cara menghilangkan jerawat


Hai sahabat puspa, 

Pernah jerawatan, kan? Bagaimana rasanya? Pastinya malu, sehingga berbagai cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan alami maupun bahan kimia dicoba. Tujuannya tentu saja, supaya wajah kembali bersih.

Jerawat biasanya muncul pada usia remaja. Pada beberapa kasus jerawat masih tumbuh pada usia dewasa. Meskipun jerawat bukan penyakit yang berbahaya. Namun, keberadaannya di wajah, tentu akan sangat mengganggu, yang bisa menurunkan rasa percaya diri. Apalagi jerawat yang tumbuh besar-besar dan banyak. Hal ini tentu akan membuat pemilik wajah menjadi malu dan minder untuk bergaul.

Yang paling menyebalkan kalau kita sedang jerawatan, lalu ada orang bilang,"Ayo, lagi kangen dengan siapa, nih?". Memang benar sih salah satu penyebab jerawat adalah pikiran. Tapi, tidak juga semua yang dipikirkan itu lawan jenis. Yang pastinya, kita pun tentu tidak ingin jerawatan.

Cara menghilangkang jerawat menggunakan bahan alami memang diyakini banyak memberi manfaat. Karena penggunaaan bahan alami akan memperkecil efek yang ditimbulkan seperti alergi. 


Apa itu Jerawat?

Jerawat adalah gangguan pada kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh sel kulit mati atau produksi minyak(sebum ) yang berlebih.

Jerawat biasanya tumbuh di wajah, leher, pungung dan dada berubah bintik-bintik pada kulit. Yang paling mengganggu tentu saja jerawat yang muncul pada wajah karena terlihat langsung oleh orang lain.


Penyebab Munculnya Jerawat

Sahabat puspa,

Sebelum menghilangkan jerawat, kita terlebih dahulu harus mengetahui penyebab timbulnya jerawat. Hal ini untuk mempermudah langkah kita untuk menghilangkan jerawat dengan cara yang benar. Jerawat muncul karena banyak faktor, namun pemicu munculnya jerawat secara umum adalah sebagai berikut:

1. Ada perubahan siklus hormonal

Remaja lebih rentang berjerawat karena perubahan hormon dalam tubuhnya, dari anak menjadi dewasa (masa pubertas). Hal ini dialami remaja perempuan maupun laki-laki. Selain itu perubahan hormon juga terjadi pada wanita pada masa menstruasi.

2. Perawatan kulit yang salah serta penggunaan kosmetik yang tidak sesuai

Jangan sembarangan dalam melakukan perawatan kulit terutama kulit wajah. Karena akibatnya bisa fatal jika tidak cocok dengan kulit kita. Seperti mudah tergiur dengan merek yang menjanjikan kulit bisa glowing dalam beberapa hari, tanpa memikirkan akibatnya. Jika, saat menggunakan atau melakukan perawatan, kulit menjadi alergi. Segera hentikan perawatan, karena perawatan tersebut tidak sesuai dengan kulit kita.

3. Malas mencuci muka atau bahkan terlalu sering

Setelah bepergiaan, jangan lupa cuci muka, agar debu-debu yang menempel di wajah bisa hilang. Malas mencuci muka membuat muka kita kotor, sehingga jerawat mudah muncul karena pori-pori kulit wajah tertutup. Dan, paling penting adalah membersihkan wajah sebelum tidur, sangat baik untuk mencegah datangnya jerawat.

Meskipun mencuci wajah baik untuk kulit, tetapi mencuci wajah terlalu sering juga tidak baik untuk kulit. Apalagi mencuci memakai sabun wajah. Pemakaian sabun wajah terlalu sering akan merusak pori-pori kulit.

4. Strees

Banyaknya permasalahan yang di hadapi, baik di lingkungan pekerjaan maupun keluarga dapat memicu strees. Sehingga bisa merusak pola makan. Kondisi stress ditambah pola makan yang buruk akan memicu tumbuhnya jerawat.

5. Faktor genetik

Bisa ya faktor genetik mempengaruhi tumbuhnya jerawat. Jadi, kalau orangtua sahabat puspa dulunya jerawatan, kemungkinan besar sahabat puspa juga akan jerawatan.

6. Pemakaian obat-obatan tertentu

Seseorang yang diharuskan mengkonsumsi obat-obatan tertentu karena sedang sakit, juga bisa memicu timbulnya jerawat.


Alasan menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat

1. Bahannya mudah didapatkan di sekitar kita.

2. Harga lebih murah dari pada bahan kimia.

3. Alergi yang ditimbulkan kecil 

4. Bisa digunakan sewaktu-waktu saat berada di rumah


Cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan alami dengan mudah



11 bahan alami menghilangkan jerawat


Setelah mengetahui penyebab timbulnya jerawat dan alasan penggunaan bahan alami untuk menghilangkan jerawat. Langkah selanjutnya adalah pemakaian bahan alami pada kulit wajah. Bahan-bahan alami yang biasa digunakan untuk menghilangkan jerawat.

1. Putih telur

Putih telur mengandung enzim lysonzim yang sangat berkhasiat untuk menghilangkan jerawat. Caea pemakaiannya cukup mudah, pisahkan putih dan kuning telur. Putih telur bisa diberi perasan lemon kemudian aduk rata. Lalu balurkan ke seluruh wajah, seperti memakai masker. Diamkan selama 15-20 menit lalu cuci bersih menggunakan air hangat. Cara ini bisa dilakukan 2-3 kali seminggu.

2. Lidah buaya

Lidah buaya termasuk salah satu tumbuhan yang mempunyai banyak kegunaan. Salah satunya dalam dunia kosmetika. Kandungan Polifenol dalam lidah buaya bisa membantu menghilangkan jerawat apabila digunakan secara teratur. Cara penggunaannya adalah diambil gel dalam lidah buaya. Kemudian dioleskan seperti masker. Diamkan 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Air lemon

Air lemon selain untuk diminum, juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Lemon dapat dicampur dengan putih telur atau tidak. Lemon mengandung asam askorbat yang bisa membantu menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Cara penggunaannya, peras satu buah lemon. Air lemon ini bisa langsung dioleskan ke wajah. Mungkin agak sedikit perih, tetapi itu hal biasa. Diamkan 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

4. Madu

Madu merupakan salah satu makanan yang sangat berkhasiat untuk tubuh dan kulit. Salah satunya bisa membantu menghilangkan jerawat. Cara penggunaanya cukup mudah, gunakan madu sebagai masker wajah. Perawatan ini bisa dilakukan setiap hari.

5. Bawang putih

Bahan putih merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan bumbu. Selain itu bawang putih juga bisa digunakan untuk perawatan kulit. Kandungan sulfur dalam bawang putih mampu membantu menghilangkan jerawat dan bekasnya. Ambil satu siung bawang putih, kemudian xacah halus. Lalu tempelkan bawang cacah tadi ke jerawat atau bekasnya. Diamkan 10-15 menit. Bilas dengan air bersih.

6. Tomat

Tomat mengandung vitamin A dan C yang bisa membantu menghilangkan jerawat. Cara penggunaannya cukup mudah. Ambil satu buah tomat, lalu belah menjadi dua bagian. Oleskan langsung tomat yang sudah dipotong tadi ke seluruh wajah sebagai masker. Diamkan selama 20-30 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

7. Mentimun

Mentimun sangat segar untuk dibuat acar. Selain itu timun bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat karena mengandung anti oksidan yang tinggi, juga mengandung asam amino dan vitamin. Penggunaannya cukup dijadikan masker. Diamkan 20-30 menit, lalu bilas.

8. Alpukat

Alpukat sering digunakan sebagai bahan pembuat masker. Karena alpukat banyak mengandung vitamin E. Selain itu, buah ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Caranya, ambil daging alpukat, lalu haluskan sampai lembut. Tambahkan sedikit madu, aduk rata. Lalu oleskan alpukat tadi ke wajah seperti masker. Duamkan 20-30 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

9. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain berguna untuk menggangkat sel kulit mati penyebab wajah berjerawat. Caranya dibuat sebagai masker. Diamkan 20-30 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

10. Cuka Apel 

Kandungan alami antiseptic cuka apel, bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya, oleskan cuka apel ke wajah yang berjerawat menggunakan kapas. Lalu diamkan senbentar, sekitar 2-5 menit. Kemudian bilaavwajah dengan air bersih. 

11. Pasta Gigi

Jika bahan alami yang disebutkan di atas tidak tersedia. Maka cukup gunakan pasta gigi untuk membantu menghilangkan jerawat. Pasta gigi mengandung hidrogen, fluorin dan triclosan dapat mencegah iritasi pada kulit. Selain itu pasta gigi juga bisa membantu mengatasi kulit yang meradang. Kita bisa langsung mengoleskan pasta gigi pada kulit berjerawat. Lalu diamkan 20-30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.


Dibandingkan menggunakan bahan kimia, cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan alami dapat menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan. Apabila dilakukan perawatan secara teratur, bukan hanya jerawat yang hilang, bekas jerawat pun juga ikut hilang. Dan, tentu saja wajah bisa kembali mulus.








Posting Komentar untuk "11 Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Bahan Alami dengan Mudah"